Penghargaan Nobel Kedokteran 2023: Katalin Kariko dan Drew Weissman Ukir Sejarah dalam Penanganan Pandemi

- 3 Oktober 2023, 11:08 WIB
Ahli biokimia Hongaria-Amerika Katalin Kariko (kiri) dan dokter-ilmuwan Amerika Serikat Drew Weissman (kanan) yang memenangkan Japan Prize 2022 berpose pada seremoni penghargaan Japan Prize di Tokyo, Jepang, Rabu 13 April 2022.
Ahli biokimia Hongaria-Amerika Katalin Kariko (kiri) dan dokter-ilmuwan Amerika Serikat Drew Weissman (kanan) yang memenangkan Japan Prize 2022 berpose pada seremoni penghargaan Japan Prize di Tokyo, Jepang, Rabu 13 April 2022. /ANTARA FOTO/Eugene Hoshiko/Pool via REUTERS/HP/djo


INDOBALINEWS - Katalin Kariko dan Drew Weissman telah diberikan Penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran tahun 2023 atas penemuan mereka yang berkontribusi terhadap penciptaan vaksin untuk mengatasi pandemi COVID-19.

Komite Nobel di Swedia memberikan penghargaan kepada Kariko dan Weissman untuk "penemuan mereka terkait modifikasi basa nukleosida yang memungkinkan pengembangan vaksin mRNA yang sangat efektif dalam memerangi COVID-19," ujar Sekretari Komite Nobel Thomas Pertmann dilansiri Antaranews.com dari Anadolu, Selasa 3 Oktober 2023.

Katalin Kariko, seorang ahli biokimia yang memiliki latar belakang Hongaria-Amerika dan lahir pada tahun 1955, telah memfokuskan penelitiannya pada mekanisme yang terkait dengan RNA.

Baca Juga: Saudi Pro League: Neymar Paceklik Gol, Cristiano Ronaldo Puncaki Top Skor

Salah satu pencapaian utamanya adalah pengembangan mRNA yang dapat ditranskripsi di dalam laboratorium untuk terapi protein.

Sementara itu, Drew Weissman adalah seorang dokter-ilmuwan Amerika yang lahir pada tahun 1959, yang dikenal atas kontribusinya dalam bidang biologi RNA. Penelitiannya telah membantu memungkinkan pengembangan vaksin mRNA yang revolusioner.

Baca Juga: Bule Amerika Serikat Dideportasi gegara Overstay, Tak Mau Urus Izin Tinggal Meski Sadar Salah

Penghargaan Nobel dalam bidang Kedokteran ini merupakan penghargaan pertama yang diberikan pada tahun ini, dan pengumuman lebih lanjut mengenai penghargaan Nobel lainnya bakal diumumkan dalam minggu ini.***

Baca Juga: Banjir di Libya, Pemerintah Indonesia Kirimkan Logistik Bantuan Kemanusiaan

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x