Warga Palestina Kelaparan Perang Gaza Berkecamuk di Tengah Kekhawatiran Eksodus ke Mesir

- 12 Desember 2023, 10:13 WIB
Tentara Isreal terlihat di dekat perbatasan Jalur Gaza di wilayah selatan Israel, Minggu, 10 Desember 2023.
Tentara Isreal terlihat di dekat perbatasan Jalur Gaza di wilayah selatan Israel, Minggu, 10 Desember 2023. /AP Photo/Leo Correa

INDOBALINEWS - Israel membantah pihaknya mendorong warga Palestina yang mencari perlindungan dari pemboman Gaza melewati perbatasan ke Mesir ketika lembaga bantuan internasional mengatakan kelaparan menyebar di kalangan penduduk sipil di daerah kantong yang terkepung itu.

Di tengah krisis kemanusiaan yang memburuk, para pejuang Hamas dan pasukan Israel bertempur di seluruh wilayah tersebut, dan para militan berusaha menghalangi tank-tank Israel untuk maju melalui jalan-jalan yang hancur.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 18.205 orang kini telah terbunuh dan 49.645 orang terluka di Gaza hanya dalam waktu dua bulan peperangan ratusan orang telah meninggal sejak Amerika Serikat memveto proposal gencatan senjata di Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat, 8 Desember 2023.

Baca Juga: Kampanye Fashion Zara Bernuansa Kejam

Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza telah diusir dari rumah mereka dan penduduk mengatakan tidak mungkin mendapatkan perlindungan atau makanan di wilayah pesisir yang padat penduduknya.

Seorang warga Palestina mengatakan kepada Reuters bahwa dia belum makan selama tiga hari dan harus mengemis roti untuk anak-anaknya.

“Saya berpura-pura kuat namun saya takut saya akan roboh di hadapan mereka kapan saja,” katanya melalui telepon, menolak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan, dilansir Selasa, 12 Desember 2023.

UNRWA, badan PBB yang bertanggung jawab atas pengungsi Palestina, mengatakan beberapa orang datang ke pusat kesehatan dan tempat penampungan sambil membawa anak-anak mereka yang meninggal.

"Kita berada di ambang kehancuran,” katanya di X.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x