Presiden Iran Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter, Pemimpin Dunia Sampaikan Ungkapan Duka

- 21 Mei 2024, 08:05 WIB
Presiden Iran Ebrahim Raisi
Presiden Iran Ebrahim Raisi /

INDOBALINEWS - Menyusul kematian tragis Presiden Iran Ebrahim Raisi akibat kecelakaan helikopter, para pemimpin negara-negara di dunia menyampaikan ungkapan duka.

Sejumlah pemimpin dunia tak lama usai kabar resmi dari otoritas Iran bahwa Presiden Ebrahim Raisi dan sejumlah pejabatnya dinyatakan meninggal, pada Senin 20 Mei 2024,  menyampaikan belasungkawa.

Tak lama usai insiden helikopter jatuh tersebut Wakil Presiden Iran Mohsen Mansouri membenarkan laporan media bahwa Raisi dan delegasinya, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, tewas pada Minggu 19 Mei 2024 dalam kecelakaan helikopter di Iran barat laut dalam perjalanan kembali dari kunjungan ke Azerbaijan.

Baca Juga: WN Ukraina Dideportasi Gegara Curi Perhiasan di Area Canggu

Sejumlah pemimpin dunia, termasuk Presiden Jokowi, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi, juga telah menyampaikan belasungkawa kepada Iran. Beberapa negara, seperti Irak dan Lebanon, menyatakan masa berkabung resmi atas kematian Raisi.

"Saya sangat sedih atas kematian tragis Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan beberapa pejabat Republik Islam Iran lainnya," kata Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim pada X dilansir Antara dari Sputnik.

"Saya turut berbela sungkawa yang tulus kepada rakyat Iran selama masa yang sangat sulit ini. Semoga Allah memberkati jiwa mereka dan tempatkan mereka di antara orang-orang yang saleh," lanjut kepala pemerintahan Malaysia itu.

Baca Juga: Update Jatuhnya Pesawat Latih di BSD: Begini Hasil Awal Investigasi KNKT

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada rakyat dan pemerintah Iran, serta kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, atas meninggalnya Raisi.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Sputnik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah