Upacara Tawur Balik Sumpah Utama Serangkaian Karya di Pura Dalem Tungkub, Desa Adat Pagan

- 11 Oktober 2023, 19:39 WIB
Walikota dan Wawali Kota Denpasar saat menghadiri Upacara Tawur Balik Sumpah serangkaian Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung dan Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Tungkub, Desa Adat Pagan, bertepatan dengan Rahina Budha Kliwon Matal, Rabu 11 Oktober 2023.
Walikota dan Wawali Kota Denpasar saat menghadiri Upacara Tawur Balik Sumpah serangkaian Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung dan Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Tungkub, Desa Adat Pagan, bertepatan dengan Rahina Budha Kliwon Matal, Rabu 11 Oktober 2023. /Dok Pemkot Denpasar


INDOBALINEWS - Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Upacara Tawur Balik Sumpah serangkaian Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung dan Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Tungkub, Desa Adat Pagan, bertepatan dengan Rahina Budha Kliwon Matal, Rabu 11 Oktober 2023.

Selain Tawur Balik Sumpah, di hari yang sama juga turut dilaksanakan Upacara Mapedanan. Hadir dalam kesempatan tersebut Panglingsir Puri Kesiman, AA Ngurah Gede Kusuma Wardana, Panglingsir Puri Agung Ksatria Denpasar, AA Ngurah Oka Ratmadi, Perwakilan Polresta Denpasar, Bendesa Madya MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana, Bendesa Adat se-Kota Denpasar, serta undangan lainya.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, pelaksanaan Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung dan Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Tungkub, Desa Adat Pagan ini merupakan momentum bagi seluruh masyarakat untuk selalu eling dan meningkatkan srada bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa.

Baca Juga: Lansia 80 Tahun asal Belanda Dideportasi dari Bali gegara Overstay

Karenanya sudah sepatutnya seluruh elemen masyarakat, utamanya Krama Desa Adat Pagan menjadikan ini sebuah momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi dari Tri Hita Karana.

"Dengan pelaksanaan Karya Agung ini mari kita tingkatkan sradha bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai impelementasi Tri Hita Karana," ujar Jaya Negara.

Sementara itu Bendesa Adat Pagan, I Wayan Subawa menjelaskan, Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung dan Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Tungkub, Desa Adat Pagan ini dilaksanakan lantaran telah lama tidak dilaksanakan karya serupa.

Baca Juga: Serangan Balasan Israel untuk Palestina di Gaza Masih Berlangsung, 8 Jurnalis Terbunuh

Dimana, pelaksanaan ini merupakan wujud bhakti krama Desa Adat Pagan kepada sesuhunan yang berstana di Pura Dalem Tungkub.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x