Kaya Vitamin, Inilah Manfaat Konsumsi Buah Pisang bagi Kesehatan

- 15 Agustus 2021, 23:01 WIB
Ilustrasi. Bahaya memakan pisang karbitan.
Ilustrasi. Bahaya memakan pisang karbitan. /Pixabay/Alexas_Fotos


INDOBALINEWS - Buah pisang yang cukup populer di masyarkat memiliki sumber vitamin melimpah  baik B6 hingga vitamin C yang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia.

Dengan rutin mengonsumsi pisang, memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tidak hanya kaya akan vitamin B6, pisang merupakan sumber vitamin C, serat makanan, dan mangan yang baik.

Memilii vitamin B6 dan C melimpah, serat makanan, dan mangan yang baik, pisang merupakan buah bebas lemak, bebas kolesterol bahkan hampir bebas natrium.

Baca Juga: Cara Membedakan Anosmia sebagai Gejala Covid-19 atau Penyakit Lain

Lantas apa alasan dan waktu terbaik mengkonsumei buah pisang.

Ahli Diet Pusat Kesehatan Masyarakat Tiong Bahru Ms Peggy Tan yang merupakan anggota grup SingHealth membeberkan itu semua.

Berikut adalah manfaat pisang bagi kesehatan yang dilansir Pikiran-Rakyat.com dari HealthxChange, Minggu, 15 Agustus 2021.

Baca Juga: Muncul Petisi 'Cabut Bintang Jasa Utama Eurico Guterres di HUT RI 76'

"Pertama, pisang merupakan salah satu sumber vitamin B6 terbaik karena vitamin B6 dari pisang mudah diserap oleh tubuh dan pisang dengan ukuran sedang menyediakan sekira seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian," ujarnya dilansir dari Pikiran-Rakyat.com, Minggu, 15 Agustus 2021.

Kemudian, Vitamin B6 membantu tubuh menghasilkan sel darah merah, memetabolisme karbohidrat dan lemak, mengubahnya menjadi energi, metabolisme asam amino, menghilangkan bahan kimia yang tidak diinginkan dari hati dan ginjal Anda, dan menjaga sistem saraf yang sehat.

Tidak hanya itu, vitamin B6 sangat baik untuk ibu hamil karena membantu memenuhi kebutuhan perkembangan bayi mereka.

Baca Juga: Taliban Klaim Kuasai 18 Provinsi, Rakyat Afganistan Merasa Telah Dijual Pemerintah

Manfaat kedua, pisang sebagai sumber vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh. Pisang dengan ukuran sedang menyediakan sekira 10 persen dari kebutuhan vitamin C harian.

Manfaat vitamin C untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan, membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik, membantu tubuh memproduksi kolagen – protein yang menyatukan kulit dengan tulang, dan mendukung kesehatan otak dengan memproduksi serotonin.

Serotonin merupakan hormon yang mempengaruhi siklus tidur, suasana hati, dan pengalaman stres dan rasa sakit.

Baca Juga: Tak Kunjung Minta Maaf, Otto Hasibuan Duga ICW Berniat Mencemarkan Nama Baik Moeldoko

Selanjutnya, ketiga, senyawa mangan dalam pisang dinilai sangat baik untuk kesehatan kulit dengan mengonsumsi satu buah pisang ukuran sedang, maka Anda akan mendapatkan 13 persen kebutuhan mangan harian.

Mangan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, melindungi kulit, dan sel-sel lain dari kerusakan akibat radikal bebas.

Keempat, kalium dalam pisang sangat baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Pisang berukuran sedang menyediakan sekira 320 – 400 mg potasium atau memenuhi sekira 10 persen kebutuhan potasium harian.

Baca Juga: Kuasa Hukum Jerinx Berharap Kasus Pengancaman terhadap Adam Deni Diselesaikan Kekeluargaan

Kalium memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu, pisang juga rendah sodium. Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

"Pisang dapat membantu pencernaan dan membantu mengatasi masalah pencernaan," tutur Peggy Tan.

Kelima, pisang berukuran sedang menyediakan sekira 10 hingga 12 persen dari kebutuhan serat harian.

Baca Juga: Mural Mirip Presiden Jokowi Bertuliskan 404:Not Found, Refli Harun: Bukan Penghinaan

Badan Promosi Kesehatan Singapura bahkan merekomendasikan asupan serat makanan harian 20g untuk wanita dan 26g untuk pria.

Tak kalah pentingnya, sSerat larut dan tidak larut memiliki peran penting dalam kesehatan lantaran serat larut membantu tubuh mengontrol kadar gula darah dan menyingkirkan zat lemak seperti kolesterol.

Serat tidak larut menambah berat dan kelembutan pada tinja, sehingga memudahkan Anda buang air besar secara teratur serta membantu menjaga usus tetap sehat dan aman dari bakteri berbahaya.

Baca Juga: Jerinx Diperiksa Polda Metro, Nora Alexandra: 'Saya Sudah Melakukan untuk Kebaikan Dia'

Manfaat keenam, pisang memberi Anda energi karena mengandung tiga gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Bagi anak-anak dan atlet, pisang sangat ideal sebagai menu sarapan serta camilan tengah hari atau sebelum dan sesudah melakukan aktivitas olahraga.*** (Mutia Yuantisya/Pikiran-Rakyat.com)

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiran-Rakyat.com berjudul: Bantu Tubuh Produksi Kolagen, 6 Alasan Anda Wajib Konsumsi Pisang Secara Teratur

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x