Sampah: Penanganan Hulu Hilir Seiring Perubahan Mental untuk Bumi yang Lebih Baik, Jangan Cuma Mimpi!

- 7 September 2022, 23:35 WIB
Komang Ruditha H (tengah ), pimpinan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Seminyak, dengan konsep 3R bersama sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan  CCEP memperlihatkan produk yang terbuat dari sampah yang didaur ulang (recycle), Rabu 31 Agustus 2022.
Komang Ruditha H (tengah ), pimpinan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Seminyak, dengan konsep 3R bersama sejumlah tokoh masyarakat dan perwakilan CCEP memperlihatkan produk yang terbuat dari sampah yang didaur ulang (recycle), Rabu 31 Agustus 2022. /Dok Wid

 

INDOBALINEWS - Persoalan seputar sampah bisa jadi tak akan berhenti selama manusia hidup. Sebab semakin bertumbuhnya manusia di bumi diiringi dengan konsumsi dan kebutuhan hidup yang berjalan beriiringan dengan persoalan sisa konsumsi dan kebutuhan manusia.

Karenanya penanganan sampah menjadi salah satu isu lingkungan yang butuh perhatian semua pihak. Dijamin, jika banyak pihak terkait tak bersinergi termasuk pemerintah, swasta juga komunitas, masyarakat dan individu, hasil yang dicita-citakan akan makin jauh panggang dari api, alias cuma mimpi.

Betul-betul butuh kolaborasi semua pihak untuk urusan yang bisa mendatangkan lalat tapi juga mendatangkan rejeki ini.

Baca Juga: Jokowi Lantik Mantan Bupati Banyuwangi Azwar Anas Jadi Menteri PAN-RB

Penanganan sampah dari hulu hingga ke hili harus satu arah sejalan seirama. Mulai dari produsen yang harus berinovasi meminimalisir pemakaian produk kemasan yang ramah lingkungan. Hingga pemilahan sampah keluarga hingga pengolahan sampah di bank sampah maupun tempat daur ulang hingga ke tempat pembuangan terakhir.

Contoh saja, Coca Cola yang terus mengejar inovasi pemakaian kemasan plastik yang “lebih ramah lingkungan”, membantu sosialisasi dan edukasi hingga mengeluarkan budgetnya untuk membantu sejumlah Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R).

Hal ini diungkap oleh Komang Ruditha H, yang memimpin TPS3R Desa Seminyak yang jadi percontohan banyak daerah juga negara lain. TPS ini juga pernah menyabet juara hingga tingkat nasional terkait penanganan sampah sehingga gaung prestasinya terdengar ke luar negeri.

Baca Juga: Mr X Ditemukan Sudah Menjadi Mayat dan Mengapung Apung di Perairan Pengambengan

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x