Hari Lingkungan Hidup Sedunia: 'Indonesia Merupakan Penyumbang Sampah Terbesar di Dunia'

- 5 Juni 2022, 13:55 WIB
The Bali Beach Clean Up Event 2022 di Pantai Jerman Bali Sabtu 4 Juni 2022.
The Bali Beach Clean Up Event 2022 di Pantai Jerman Bali Sabtu 4 Juni 2022. /Dok Tini

 

INDOBALINEWS - Indonesia merupakan penyumbang sampah terbesar di dunia dan menjadi nomor satu di Asia Tenggara pada tahun 2017.

Sampah plastik diperkirakan menjadi sampah terbesar di dunia, yakni sebesar 9 juta ton per tahun dan akan terus bertambah.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Acara The Bali Beach Clean Up Event 2022, Luh Putu Budiarti, sebuah acara bersih bersih pantai yang digelar di Pantai Jerman Kuta Bali Sabtu 4 Juni 2022 dalam rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Baca Juga: 70 Perempuan Cantik dari Seluruh Dunia Berkumpul di Bali Memperebutkan 2 Mahkota Miss Global

"Pada tahun 2016, United Nations Convention on Biological Diversity menyatakan bahwa lebih dari 800 spesies (40% mamalia laut dan 44% lainnya adalah spesies burung laut) akan mati karena sampah," ujar Luh Putu.

Lebih lanjut dikatakannya, sampah plastik diperkirakan menjadi sampah terbesar di dunia, yakni sebesar 9 juta ton per tahun dan akan terus bertambah.

Pada tahun 2016, United Nations Convention on Biological Diversity menyatakan bahwa lebih dari 800 spesies (40% mamalia laut dan 44% lainnya adalah spesies burung laut) akan mati karena sampah. 

Baca Juga: Remuk Hati, Membaca Harapan dan Doa Ridwan Kamil untuk Eril di Tepi Sungai Aare

Untuk itulah sebagai Peringatah Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Komunitas Bring Your Tumbler Be an Eco Warrior mengadakan Beach Clean Up dan Riset Klasifikasi Bahan Sampah pada Sabtu 4 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x