Mudik Ramah Perempuan dan Anak: Catat Nomor Hotline Sahabat Perempuan dan Anak

- 6 April 2024, 06:26 WIB
Ilustrasi mudik.
Ilustrasi mudik. /Dok. Humas KAI Daop 4 Semarang/

INDOBALINEWS - Puncak mudik diprediksi pada hari ini Sabtu 6 April 2024 hingga Selasa 0 April mendatang. Bagi para pemudik yang menggunakan transportasi darat yang menyebrang pulang tentu bisa memprediksi kepadatan yang biasa terjadi di pelabuhan.

Tentu ini menjadi momok tersendiri bagi para pemudik yang pulang dengan membawa anak. Tak hanya itu kondisi fisik perempuan pun jadi tantangan, perempuan yang sebelum mudik terbiasa mengurus segalanya di rumah harus melakukan perjalanan jauh.

Untuk itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengimbau masyarakat dan penyedia jasa layanan di posko-posko mudik untuk dapat menciptakan situasi mudik Lebaran 2024 yang ramah bagi perempuan dan anak.

Baca Juga: Penumpang KM Mutiara Ferindo Jatuh ke Laut di Malam Hari

Menjelang puncak arus mudik, jajaran KemenPPPA telah melakukan peninjauan kesiapan di beberapa rest area. Kami mengimbau seluruh pihak dapat menciptakan situasi mudik yang ramah perempuan dan anak.

"Baik dari sisi penyedia jasa layanan yang memberikan fasilitas yang memadai, maupun kepada para pemudik agar dapat mempersiapkan kebutuhan spesifik perempuan dan anak dengan baik," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Jumat 5 April 2024.

Pihaknya menyampaikan kepada masyarakat agar menggunakan moda transportasi yang aman dan nyaman, salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah.

Baca Juga: Turnamen Bergengsi! Klub Terbaik se-Asia Tenggara Akan Berlaga di Shopee Cup Asean Club Championship

Menteri Bintang Puspayoga juga menyarankan kepada pengelola jalan tol PT Jasa Marga agar menyediakan posko aduan kekerasan pada perempuan dan anak, serta layanan aduan kecelakaan untuk mempermudah masyarakat jika ingin melaporkan permasalahan yang dialami selama melakukan perjalanan mudik.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x