Hari Bersepeda Sedunia 3 Juni 2024, Sejarah dan Maknanya

- 3 Juni 2024, 16:05 WIB
Ilustrasi bersepeda. Presiden Jokowi mengajak cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra untuk bersepeda keliling Yogyakarta
Ilustrasi bersepeda. Presiden Jokowi mengajak cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra untuk bersepeda keliling Yogyakarta /ANTARA/HO-Biro Pers Setpres

 

INDOBALINEWS -  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan tanggal 3 Juni sebagai Hari Bersepeda Sedunia melalui sebuah resolusi.

Bersepeda adalah bagian dari aktivitas olahraga fisik dengan banyak manfaat termasuk membuat tubuh bugar, mengurangi risiko penyakit, dan membantu menurunkan berat badan, serta mendukung kesehatan mental.

Selain kesehatan, bersepeda juga berkontribusi pada pengurangan polusi udara dan kemacetan lalu lintas, menghemat biaya transportasi, dan meningkatkan keterhubungan sosial serta aksesibilitas.

Seperti dilansir dari laman Hindustan Times, Hari Sepeda Sedunia bermula dari pengakuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2018. Saat itu, pemerintah Turkmenistan mempelopori usulan agar PBB menetapkan satu hari sebagai peringatan bersepeda.

Baca Juga: Curi Tas Demi biaya Berobat Isteri, Antonius Dimaafkan Korban Lewat Restoratif Justice Polsek Dentim

Usulan tersebut mendapat dukungan dari mayoritas negara anggota PBB, yang akhirnya menetapkan tanggal 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia. Penetapan ini bertujuan untuk mengakui kontribusi sepeda terhadap pembangunan berkelanjutan, kesehatan, dan pendidikan.

Dalam dokumen resolusi PBB tersebut, disebutkan bahwa sepeda adalah alat transportasi yang unik dan telah digunakan selama lebih dari dua abad. Sepeda diakui tidak hanya sebagai sarana transportasi yang efisien dan ramah lingkungan tetapi juga sebagai alat yang membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pengakuan Hari Sepeda Sedunia menjadi perayaan penuh sukacita karena telah lama dinantikan oleh berbagai akademisi, pencinta sepeda, dan masyarakat umum.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah