Setelah Vaksin Tiba di Indonesia, China Tak layani Permintaan Negara Lain

- 11 Desember 2020, 08:30 WIB
vaksin Covid-19 Sinovac BioTech dari China dinyatakan bebas dari Bahan najis oleh LPPOM dan BPJPH MUI
vaksin Covid-19 Sinovac BioTech dari China dinyatakan bebas dari Bahan najis oleh LPPOM dan BPJPH MUI /Bloomberg

INDOBALINEWS - Tahun ini merupakan tahun yang ke 70 hubungan diplomatik Indonesia dengan China, pada  tahun 1965 sampai  tahun 1990, Walaupun hubungan antar kedua negara tersebut sempat beku.

Meskipun hubungan diplomatik China dengan Indonesia mengalami pasang surut, Asisten Menteri Luar Negeri China Wu Jianghao, melihat adanya peningkatan kerja sama yang cukup berarti dalam beberapa tahun terakhir.

"Malam ini izinkan saya mengucapkan selamat HUT RI yang ke 75. Saya tahu perjuangan rakyat Indonesia cukup gigih sehingga mengantarkan kepada kemerdekaan," kata Wu dalam pertemuannya dengan Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun di Bejing.

 Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun, Shopee Hadirkan Stray Kids dan GOT7 dalam TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale!

Sementara itu, Dubes Djauhari menyampaikan terima kasih kepada pemerintah China yang telah memprioritaskan vaksin untuk Indonesia.

"Memang sekarang ini Indonesia sedang membutuhkan vaksin itu," ujar mantan Dubes RI untuk Rusia tersebut.

 Baca Juga: Mahasiswi Wisuda di Kebun Karena Susahnya Jaringan Internet

Dalam pertemuan tersebut, Wu menyatakan bahwa pemerintah China untuk sementara tidak melayani permintaan yang diajukan negara lain setelah vaksin COVID-19 tiba di Indonesia.

"Uji klinis fase ketiga menunjukkan hasil yang memuaskan. Saat ini tinggal menunggu persetujuan untuk dipasarkan di China. Selama menunggu persetujuan tersebut, kami tidak melayani permintaan dari negara lain, kecuali yang sudah tiba di Indonesia karena memang telah menjadi prioritas kami," kata Wu sebelum menuju tempat acara utama resepsi diplomatik peringatan HUT ke-75 RI.

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x