Kemenag Siapkan Delapan Tahapan bagi Jemaah Jika Ibadah Haji Dibuka Tahun Ini

- 28 April 2021, 09:43 WIB
Masjidil Haram, Mekah.
Masjidil Haram, Mekah. /Dok. Kemenkopmk.go.id

INDOBALINEWS – Pemerintah menyiapkan skenario jika seandainya ada pemberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci Mekah tahun ini.

Kementerian Agama menyusun alur pergerakan jemaah yang dirumuskan sebagai bagian dari mitigasi penyelenggaraan haji di masa pandemi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag Ramadan Harisman persiapan tetap dilakukan meskipun hingga saat ini belum ada kepastian pemberangkatan jemaah haji.

Baca Juga: Bupati Klungkung Harapkan Kesucian Haji Menjadi Vibrasi Baik Bagi Umat

"Penyelenggaraan haji di masa pandemi memerlukan beberapa penyesuaian. Terutama karena diberlakukannya protokol kesehatan," katanya dalam dalam Bahtsul Masail tentang Haji di Masa Pandemi, di Ciawi, Bogor, Selasa 27 April 2021, dikutip dari laman Kemenag.

Kata dia alur pergerakan jemaah disusun dengan tujuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan jemaah, bila pemberangkatan haji dilakukan yang meliputi delapan tahapan yang harus dilalui.

Pertama, jemaah haji wajib divaksin covid-19 dan meningitis.

Baca Juga: Heboh Panggilan Ummi Dari Ayus, Ini Pengakuan Haji Komar Ayah Nissa Sabyan

Kedua, jemaah haji menjalani karantina selama 3 x 24 jam di karantina asrama haji dan menjalani swab antigen. Pada hari ketiga dilakukan tes PCR Swab kembali, jika hasilnya negatif, jemaah haji berangkat ke Arab Saudi. Jika hasilnya positif, akan dilakukan isolasi mandiri di asrama haji

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x