Mulai Sekarang Habis Makan Sahur Jangan Langsung Tidur, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

- 27 April 2021, 23:30 WIB
Tidur setelah makan sahur ternyata memiliki dampak tidak baik terhadap kesehatan.
Tidur setelah makan sahur ternyata memiliki dampak tidak baik terhadap kesehatan. /pixabay.com/Free-Photos

INDOBALINEWS – Jeda antara waktu makan dan tidur sangat diperlukan agar pencernaan bisa melakukan tugas dengan baik.

Oleh karena itu, setelah makan sahur selama bulan puasa Ramadan jangan langsung tidur, usahakan selang waktu tiga jam agar asupan makanan bisa dicerna secara optimal.

Lantas, apa bahayanya jika kita tak memberikan jeda waktu yang cukup? Ini rangkuman dari berbagai sumber yang dikutip dari PMJNews tentang dampak buruk langsung tidur setelah makan sahur:

Baca Juga: Tidur Berkualitas, Ini yang Perlu Dijaga Ketika Menjalankan Puasa di Bulan Ramadan

Refluks: Tidur setelah makan sahur dapat memicu GERD karena tubuh tidak dalam posisi tegak atau posisi ideal untuk mencerna makanan. Jika dibiarkan dalam waktu yang panjang bisa memicu asam lambung.

Posisi telentang atau miring dapat menyebabkan makanan yang belum sepenuhnya dicerna di lambung mudah naik ke kerongkongan ataupun membuat perut kembung.

Menurunkan Kualitas Tidur: Kebiasaan langsung tidur setelah sahur, terutama makan makanan berlemak dapat menurunkan kualitas tidur. Saat kenyang kantuk menyerang, tetapi akan muncul perasaan gelisah sehingga membuat mudah terbangun saat tidur.

Makanan tinggi lemak seperti goreng-gorengan atau olahan daging (processed food) butuh waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga beri jeda waktu agar makanan tercerna agar tidur Anda lebih nyenyak.

Baca Juga: Polisi Ungkap Daftar Dosa Munarman, 20 Pengacara Siap Mendampingi

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x