Innalillahi Tokoh Reformasi dan Jubir Presiden Era Gus Dur Wimar Witoelar Tutup Usia

- 19 Mei 2021, 11:15 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin dan almarhum Wimar Witoelar/Tangkapan Layar Twitter @sandiuno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin dan almarhum Wimar Witoelar/Tangkapan Layar Twitter @sandiuno /Dok/Tangkapan Layar Twitter @sandiuno

INDOBALINEWS - Kabar duka disampaikan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Sholahuddin Uno Sang Tokoh Reformasi yang juga jurnalis senior Wimar Witoelar telah meninggal dunia.

Dalam akun twitternya @sandiuno, yang diunggah Rabu (19/5/2021), Sandi menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian mantan Juru Bicara Presiden Abdurrahman Wachid itu.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Selamat jalan Om WW (Wimar Witoelar)..," tulis Sandi beberapa menit lalu.

Baca Juga: YouTuber Dian Fransiskasari Minta Warga Jangan Sok Ikut ikutan Mendukung Palestina maupun Israel

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko menilai sosok Wimar Witoelar tidak hanya dikenal sebagai juru bicara kenamaan era Presiden Abdurrahman Wahid.

Dia juga merupakan tokoh reformasi Indonesia, jurnalis, sekaligus kolumnis yang bernas, karena keberaniannya memberikan kritik pada era pemerintahan Orde Baru melalui lontaran-lontaran jenaka namun kritis. 

Baca Juga: Aurel Hermansyah Alami Keguguran, Atta Halilintar: Sampai Jumpa di Surga Anakku

Kelantangannya tersebut membuat Wimar masuk dalam jajaran aktivis yang terpandang dan disegani sejak era itu hingga sekarang.

Hingga masa Pemerintah Presiden Joko Widodo, Wimar juga punya peran aktif dalam isu-isu lingkungan dan menjadikannya sebagai sosok yang memiliki perspektif utuh dan objektif terhadap progresifitas kemajuan pembangunan dari tahun ke tahun.

Kantor Staf Presiden (KSP) sudah lama bekerja sama dengan Wimar dan tim terkait isu-isu tertentu seperti lingkungan, masyarakat adat, kebhinekaan, masalah intoleransi.

"Kami sangat mengapresiasi kerja-kerja beliau selama ini," tutur Moeldoko  dalam siaran pers usai bertemu keluarga Wimar Witoelar di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga: Dikabarkan Jadi Istri Ketiga, Oki Setiana Dewi: 'Astaghfirullahaladzim' Enggak, Ustaz Uje Itu Guru

Diketahui, Wimar merupakan seorang analis dan komentator politik yang handal yang menjadi acuan berbagai media internasional mengenai isu-isu sosial dan politik Indonesia.

Pendiri sekaligus pemandu program talkshow radio Perspektif Baru yang menghadirkan isu-isu mutakhir dengan narasumber kompeten. Selain itu, Wimar merupakan Adjunct Professor di Deakin University, Australia. ***

Editor: R. Aulia

Sumber: KSP.go.id Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x