Guru Besar Filsafat UI Prof Dr Toeti Herati Rooseno Tutup Usia

- 13 Juni 2021, 18:24 WIB
Tangkap layar @taufikbasari, Minggu 13 JUni 2021.
Tangkap layar @taufikbasari, Minggu 13 JUni 2021. /Tangkap layar @taufikbasari,

INDOBALINEWS- Dunia filsafat Indonesia kehilangan salah satu tokohnya Prof Dr Toetu Herati Rooseno telah berpulang untuk selamanya ke pangkuan Tuhan

Kabar duka atas berpulangnya Prof Toeti Herati disampaikan salah satu murid mentornya yang Ketua DPP Partai NAsDem Taufik Basari dalam akun pribadinya @taufikbasari, Minggu 13 JUni 2021.

"Duka yang mendalam. Telah meninggal dunia, mentor, guru, pembimbing, yang saya hormati dan sayangi, Prof. Dr. Toeti Herati Rooseno," unggah Taufik Basari.

Baca Juga: Berharap Jadi Pernikahan Terakhir, Kalina Ocktaranny Ingin Meninggal di Pelukan Vicky Prasetyo

Di mata Taufik Basari, sosok Prof Toeti Herati telah memberikan banyak ilmu dan pelajaran berharga selama menjadi mentornya.

"Banyak kenangan dengan beliau baik ketika sebagai Ketua Dewan Pembina YLBHI maupun sebagai guru besar Filsafat UI. Selamat jalan Prof," ucap Taufik Basari.

Dia melanjutkan, melalui dua jalur, YLBHI dan Departemen Filsafat UI saya berinteraksi dengan Prof Toeti. Saat sy menjadi Direktur Bantuan Hukum YLBHI, beliau adlh Ketua Dewan Pembinanya dan saat sy berkuliah lalu mengajar di Filsafat UI beliau masih aktif membimbing kami2.

Baca Juga: PPN Sembako 12 Persen Dikontraskan Peniadaan Pajak Kendaraan dan Properti, PAN: Ironis dan Tidak Adil

"Di kampus saya memang tidak sempat diajar langsung okeh beliau tetapi dalam berbagai kegiatan sebagai bagian dari pengajar di Filsafat UI, Prof Toeti hadir utk memberikan bimbingan dan arahan kepada kami," sambungnya.

Selain itu, Prof Toeti juga aktif di Dewan Kesenian Jakarta dan Jurnal Perempuan. Diantara murid beliau yang luar biasa adalah Gadis Arivia, Tommy F Awuy dan Rocky Gerung.

"Di Filsafat UI kode pengajar beliau adalah THN (Toeti Herati Noerhadi) Dulu saat masih mahasiswa kami pelesetkan THN singkatan dari tuhan,"' selorohnya.

Baca Juga: Menuai Kontroversi, Menko Polhukam Mahfud MD Pastikan Pemerintah Tak Akan Cabut UU ITE

"Ayah beliau, Prof Roosseno adalah ahli konstruksi beton pendiri Biro Oktroi, firma Intellectual Property tertua di Indonesia," Taufik Basari menambahkan.

Taufik hanya bisa memanjatkan doa dan mengucapkan selamat jalan untuk prof Toeti Herati Noerhadi Roosseno, terima kasih atas segala bimbinganmu selama ini dan atas segala kontribusimu bagi bangsa ini terutama dalam budaya, seni, filsafat, hak perempuan, hak asasi manusia dan bantuan hukum.

"Beristirahatlah dengan tenang Prof," demikian anggota Komisi III DPR Ri ini. ***

Editor: R. Aulia

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x