Waspadai Berita Hoax Tentang Papua

- 16 Juni 2021, 10:44 WIB
Ilustrasi destinasi wisata di Papua, Raja Ampat.
Ilustrasi destinasi wisata di Papua, Raja Ampat. /Antara/

INDOBALINEWS - Saat ini berita hoax banyak terjadi terkait kondisi dan persoalan di Papua dan hal ini kerap menjadi sorotan baik dalam tingkat nasional maupun internasional.

Hal itu disampaikan CEO IndoEast Network M Ikhsan Tueleka saat menyampaikan paparan Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, Papua Barat – Kabupaten Raja Ampat beberapa waktu lalu.

Dikatakannya penyebaran informasi tentang Papua ada yang fakta ada yang hoax. Oleh karena itu, masyarakat harus dapat meningkatkan literasi digital dengan cara yang cerdas menggunakan media sosial.

“Informasi yang didapat harus dapat disaring kebenarannya. Jika informasinya benar, dipilah lagi apakah informasi itu berguna atau tidak penting. Nah, jika informasi itu berguna baru disimpan,” ujar Ikhsan. Namun, lanjut dia, jika informasi itu salah atau hoax maka sebaiknya informasi itu segera ditinggalkan.

Baca Juga: Pria 'Terkuat' Sejagad dengan 39 Isteri Meninggal, Butuh 30 Ekor Ayam Sekali Makan Malam Sekeluarga

“Kita ingin agar kita benar-benar cerdas menggunakan sosial media. Kita bias membuat pesan, mendapatkan informasi untuk tergelitik membagikannya, dan ada yang peduli lalu membagikannya.”

Agar apa yang dibagikan bukan merupakan informasi yang hoax, kata Ikhsan, maka perlu juga mengecek informasinya di media yang lain. “Apakah informasinya hanya didapat dari media tersebut. Jika iya, maka lihat kredibilitas dari media tersebut.”

Ikhsan mengatakan, majunya teknologi informasi juga memberikan keberkahan. Masyarakat jadi bertambah tahu seputar Raja Ampat dan Papua. “Kita ada dalam situasi yang terjadi tatanan yang berubah secara signifikan. Teman-teman di Raja Ampat bisa memanfaatkan (untuk mempromosikan dan membangun Raja Ampat –red).

Baca Juga: Gagal Paham, Mau Beramal Beli Kambing Kurban, Kok Dari Hasil Curi Motor

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Kemkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x