Idul Adha, Mahfud MD Kutip Dalil Ushul Fiqh : Menghindar Bencana Harus Didahulukan dari Meraih Kebaikan

- 20 Juli 2021, 09:00 WIB
Mahfud MD.
Mahfud MD. /Youtube Kemenko Polhukam


INDOBALINEWS- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengutip dalil Ushul Fiqh bahwa menghindar dari bencana alam harus didahulukan dari meraih kebaikan.

Hal itu disampaikan dalam memberi imbauan kepada masyarakat menyambut Hari Raya Idul Adha 2021.

Dia mendukung peraturan tersebut dengan membagikan kaidah ushul fiqh yang menerangkan bahwa menghindari bencana harus didahulukan daripada meraih kebaikan.

Baca Juga: Muncul Varian Virus Baru, Presiden Jokowi: Kita Butuh Ketahanan Napas yang Panjang

"Kaidah ushul fiqh, 'Dar’ul mafaasid muqaddamun alaa jalbil mashaalih'. Artinya 'Menghindar dari bencana hrs didahulukan dari meraih kebaikan'," unggah Mahfud MD di akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd Senin 19 Juli 2021.

Hari Raya Idul Adha 2021 jatuh Rabu 20 Juli 2021. Tahun ini berlangsung saat pemerintah masih menerapkan PPKM Darurat di Jawa-Bali untuk menekan lonjakan Covid-19.

Kementerian Agama mengatur agar wilayah yang menerapkan PPKM Darurat untuk melaksanakan salat Idul Adha 2021 di rumah.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Raih Doktor Universitas Pelita Harapan, Sang Putri Lulus Sarjana dari AS

Regulasi itu tertuang dalam Surat Edaran Menag Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi di wilayah PPKM Darurat.

"Salat Idul Adha hanya bisa dilakukan di rumah, bisa dilakukan di rumah. Tidak ada salat Idul Adha di masjid atau di lapangan dalam masa PPKM Darurat ini," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo Jumat, 16 Juli 2021.

Baca Juga: Rumah Tangganya Diramal Ada Orang Ketiga, Raffi Ahmad: Kalau yang Jelek Enggak Usah Dipercaya

Karena itu, dalam konteks kekinian, 'Menghindar dari Covid-19 hrs lbh didahulukan daripada meraih pahala dgn ibadah Sunnah yg berkerumun'. Selamat idul Adha," katanya menambahkan.

Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19 setelah kemunculan varian virus Delta yang memiliki daya tular lebih cepat.***  ( Rio Rizky Pangestu/Pikiran-rakyat.com)

Disclaimer: Artikel ini telah ditayangkan sebelumnya di Pikiran-rakyat.com berjudul: " Mahfud MD Sambut Idul Adha: Cegah Covid-19 Harus Didahulukan daripada Raih Pahala Sunah"

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x