26 Desa di Pati Diterjang Banjir Bandang, Belasan Rumah Hanyut dan Puluhan Rumah Rusak

- 15 Juli 2022, 20:04 WIB
Kondisi jalanan usai banjir bandang melanda 26 desa di 4 kecamatan di Pati RAbu hingga Kamis 14 Juli 2022.
Kondisi jalanan usai banjir bandang melanda 26 desa di 4 kecamatan di Pati RAbu hingga Kamis 14 Juli 2022. /Dok BPBD Pati

 

INDOBALINEWS - Air bah menyapu beberapa rumah warga di wilayah Lereng Gunung Muria yang menjadi hulu beberapa sungai di Kabupaten Pati, Jawa Tengah usai hujan deras sejak Rabu malam hingga Kamis 14 Juli 2022 dini hari.

Bak "tsunami kecil" yang menghantam tanpa pandang bulu. Pada saat kejadian tengah malam itu dimana warga sebagian besar tengah terlelap, terhitung ada belasan rumah yang hanyut terbawa arus banjir bandang.

Dari laporan BPBD Pati diketahui bahwa hujan deras yang berlangsung semalaman itu membuat tanggul beberapa sungai kehilangan kemampuan menampung debit air yang terus naik." Akibatnya, tanggul jebol dan airnya melimpah ke permukiman penduduk," demikian yang dilaporkan BPBD Pati dalam pernyataan resminya Jumat 15 Juli 2022.

Baca Juga: Banjir Landa Kepulauan Sula, Bupati Tetapkan Status Darurat Hingga 21 Juli 2022

Petaka itu terjadi ketika sebagian besar penduduk terlelap. Air bah menyapu beberapa rumah warga, bak "tsunami kecil" yang menghantam tanpa pandang bulu. Pada saat kejadian tengah malam itu, terhitung ada belasan rumah yang hanyut terbawa arus banjir bandang.

Keesokan paginya, ketika Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati bersama unsur pemerintah Kabupaten Pati turun ke lokasi, ditemukan beberapa titik tanggul yang jebol dan menjadi biang banjir bandang.

Dari hasil asesmen itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pati menemukan ada satu titik tanggul sungai yang jebol dengan panjang kurang lebih 25 meter di Desa Bulumanis Kidul. Akibatnya 6 rumah hanyut dan 11 rumah rusak ringan hingga sedang.

Baca Juga: Kos Kosan 4 Pintu Dilalap si Jago Merah, Kerugian Ditaksir Rp150 Juta

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x