Busana Adat Nusantara Warnai Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka

- 17 Agustus 2022, 12:42 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat Dolomani dari Buton pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022.
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat Dolomani dari Buton pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022. /Agus Suparto/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS - Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022) pagi, berlangsung khidmad dan megah.

Para undangan mengenakan warna-warni pakaian adat nusantara yang kaya motif, seni, dan budaya menyita perhatian pemirsa televisi dan netizen yang mengikuti streaming dari berbagai platform.

Tak terkecuali Presiden Joko Widodo yang memimpin upacara tersbut juga memakai busana adat. Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengenakan baju Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Menuju Indonesia Maju dan Berkeadilan, Presiden Jokowi Sampaikan Lima Agenda Besar

Sementara itu Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten. Para menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara juga tak kalah meriah berpakaian adat dari berbagai daerah.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Dikutip dari laman Setkab, upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti membacakan naskah proklamasi yang pada 77 tahun silam diucapkan oleh proklamator Ir. Soekarno.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Brigadir J: Kuasa Hukum Minta Istri Ferdy Sambo Dijadikan Tersangka, Ini Alasannya

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x