Sumber Sebut Strategi Hamas Menjebak Israel di Jalur Gaza

- 4 November 2023, 10:58 WIB
Juru Bicara Hamas dari Brigade Al-Qassam Abu Obeida, Menyampaikan kabar baik kepada para tahanan dan rakyat kami bahwa Brigade Al-Qassam telah menangkap puluhan perwira dan tentara, dan mereka telah diamankan di tempat yang aman dan terowongan perlawanan.
Juru Bicara Hamas dari Brigade Al-Qassam Abu Obeida, Menyampaikan kabar baik kepada para tahanan dan rakyat kami bahwa Brigade Al-Qassam telah menangkap puluhan perwira dan tentara, dan mereka telah diamankan di tempat yang aman dan terowongan perlawanan. / x.com / WarMonitors //

INDOBALINEWS - Pejuang militan Palestina Hamas, telah bersiap menghadapi perang yang panjang dan berlarut-larut di Jalur Gaza dan yakin mereka dapat menahan kemajuan Israel cukup lama untuk memaksa musuh bebuyutannya menyetujui gencatan senjata, kata dua sumber yang dekat dengan pimpinan organisasi tersebut.

Hamas, yang menguasai Gaza, telah menimbun senjata, rudal, makanan dan pasokan medis, menurut sumber yang menolak disebutkan namanya karena sensitifnya situasi dilansir Reuters, Sabtu 4 November 2023.

Kelompok tersebut yakin ribuan pejuangnya dapat bertahan selama berbulan-bulan di kota yang memiliki terowongan yang dibuat jauh di bawah wilayah kantong Palestina dan membuat pasukan Israel frustrasi dengan taktik gerilya perkotaan, kata sumber tersebut kepada Reuters.

Baca Juga: KATA FAKTA: Es Mencair Tidak Punya Pengaruh pada Kenaikan Air Laut?

Pada akhirnya, Hamas yakin tekanan internasional kepada Israel untuk mengakhiri pengepungan tersebut, ketika jumlah korban sipil meningkat, dapat memaksa dilakukannya gencatan senjata dan penyelesaian yang dinegosiasikan yang akan membuat kelompok militan tersebut muncul dengan konsesi nyata seperti pembebasan ribuan tahanan Palestina sebagai ganti tahanan Israel.

Kelompok tersebut telah menjelaskan kepada AS dan Israel melalui negosiasi penyanderaan tidak langsung yang dimediasi Qatar bahwa mereka ingin memaksakan pembebasan tahanan dengan imbalan sandera.

Baca Juga: Konflik Israel-Palestina Memanas, Empat WNI Berhasil Dievakuasi dari Gaza

Hal itu disebutkan menurut empat pejabat Hamas, seorang pejabat regional dan seseorang yang akrab dengan pernyataan Gedung Putih.

Dalam jangka panjang, Hamas mengatakan mereka ingin mengakhiri blokade Israel selama 17 tahun di Gaza, serta menghentikan perluasan permukiman Israel.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x