Suhartoyo Resmi Jadi Ketua MK Gantikan Anwar Usman, Ini Profilnya

- 9 November 2023, 16:45 WIB
Hakim Suhartoyo
Hakim Suhartoyo /

INDOBALINEWS - Hakim Suhartoyo resmi ditunjuk menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi menggantikan Anwar Usman yang diberhentikan karena terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik dan perilaku hakim konstitusi.

Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Saldi Isra mengumumkan Suhartoyo akan dilantik pekan depan pada 13 November 2023 mendatang. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) MK yang digelar secara tertutup.

Pemilihan Ketua MK ini merupakan tindak lanjut putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) pada Selasa, 7 November 2023 lalu.

Baca Juga: Resmi, Hakim Suhartoyo Akan Dilantik 13 November Jadi Ketua MK Gantikan Anwar Usman

"Yang disepakati dari hasil kami tadi adalah untuk menjadi Ketua MK ke depan adalah Bapak Suhartoyo. Dan saya tetap menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua," ucap Saldi Isra dalam jumpa pers di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 9 November 2023.

Selain itu, Saldi Isra mengatakan, Suhartono akan resmi menggantikan Anwar Usman setelah dilantik pekan depan. Kabarnya, Suhartono akan dilantik pada Senin, 13 November 2023 mendatang.

"Insya Allah hari Senin akan diambil sumpahnya di ruangan ini. Mengucapkan sumpah di ruangan ini," kata Saldi.

Profil Suhartoyo

Suhartoyo dikenal sebagai sosok biasa yang sederhana. Hakim pada Pengadilan Tinggi Denpasar Suhartoyo terpilih menjadi Hakim Konstitusi menggantikan Ahmad Fadlil Sumadi yang habis masa jabatannya sejak 7 Januari 2015 lalu.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Mahkamah Konstitusi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x