'Lockdown' Tidak Dilakukan Oleh Pemerintah (Pusat), Ini Penjelasan Erick Thohir

- 16 September 2020, 15:43 WIB
Erick Thohir Menteri BUMN /@twitter KemenBUMN

INDOBALINEWS - Erick Thohir dalam Kick Off Webinar Series bertajuk "Transportasi Sehat, Indonesia Maju" di Jakarta, Selasa (15/9) mengatakan "Pemerintah tidak 'lockdown' bukan suatu keputusan seakan-akan hanya memproteksi kepentingan ekonomi, saya rasa tidak."

Menteri BUMN yang juga Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 ini mengungkapkan alasan pemerintah (pusat) tidak mengambil kebijakan 'kuncitara' atau lockdown dalam masa pandemi Covid-19 ini yang bukan semata-mata mementingkan sektor ekonomi.

Lebih lanjut Erick menjelaskan bahwa tidak ada satu negara manapun yang memiliki formula dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: Sekda DKI Jakarta Saefullah Meninggal Dunia Terinfeksi Covid-19

"Tidak ada negara yang punya formula dengan pemulihan ekonomi. Formula masing-masing negara sangat berbeda karena belum pernah terjadi seperti ini. Kesehatan berdampak pada dunia usaha dan moneter," ungkap Erick.

Dibandingkan dengan negara G20 lainnya, seperti Amerika Serikat, Prancis dan Italia, Erick menilai Indonesia masih memiliki posisi yang lebih baik.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Netralitas ASN Saat Pilkada Itu Penyakit Lama dan Kambuhan

"Kalau kita lihat negara-negara G20 lainnya, apakah India minus 23 persen, Prancis, Inggris, Amerika Serikat, kita dalam posisi sangat baik. Dibandingkan Asia Tenggara juga sama seperti itu jika dibandingkan Malaysia, Singapura, Filipina, Tahiland dan lainnya," ujarnya.

Untuk itu dia mengatakan tahun ini harus lebih fokus terlebih dahulu ke sektor kesehatan dengan melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Halaman:

Editor: Rudolf


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X