Dukung Rakyat Palestina, Kapal Rumah Sakit Indonesia Berangkat ke Mesir Bawa Bantuan Kemanusiaan

- 18 Januari 2024, 16:15 WIB
pelepasan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 oleh Menhan Prabowo Subianto guna mengirim bantuan pokok dan obat-obatan untuk Palestina di Kolinlamil, Jakarta, Kamis (18/1/2024).
pelepasan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 oleh Menhan Prabowo Subianto guna mengirim bantuan pokok dan obat-obatan untuk Palestina di Kolinlamil, Jakarta, Kamis (18/1/2024). /Dok Tim Media Prabowo/Usman



INDOBALINEWS - Indonesia terus berkomitmen mendukung rakyat Palestina meraih kemerdekaannya dengan pengiriman bantuan kemanusiaan yang dibawa oleh kapal bantu rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.

KRI dr. Radjiman yang sandar di Jakarta sejak 30 November 2023 dalam rangka persiapan mengirim bantuan menuju El Arish, Mesir, untuk rakyat Palestina di Gaza dilepas oleh Menteri Pertahanan Prabowo pada Kamis 18 Januari 2024.

Bantuan-bantuan itu, yang diantaranya terdiri atas makanan, pakaian, air mineral, dan obat-obatan, diantar dari Jakarta menuju Al Arish, kota di Mesir yang berbatasan dengan Rafah di Gaza.

Baca Juga: Atletico vs Real Madrid di Copa del Rey, Jadwal Pertandingan, Prediksi, Head to Head dan Link Live Streaming

“Ini bukti kita terus mendukung rakyat Palestina dalam perjuangannya membela diri, perjuangan untuk meraih kemerdekaan dan sebagaimana diketahui Indonesia selalu dukung perjuangan rakyat Palestina dan kita terus kerahkan apa yang bisa kita buat untuk dukung perjuangan rakyat Palestina,” kata Menhan Prabowo saat upacara pelepasan KRI dr. Radjiman, didampingi oleh Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali Kamis 18 Januari 2024 dilansir dari Antara.

Kapal bantu rumah sakit itu mulanya direncanakan tidak hanya antar bantuan, tetapi juga menggelar operasi kemanusiaan lainnya seperti menyediakan layanan kesehatan di kapal dan memberi perawatan kepada para pengungsi dari Gaza.

Namun, izin yang diberikan Pemerintah Mesir sejauh ini hanya mengantar bantuan dan kunjungan persahabatan ke pelabuhan (port visit) di El Arish, Mesir.

Baca Juga: Wisatawan Indonesia Terbanyak, Dominasi Jumlah Kunjungan Turis Asing di Singapura

KRI Radjiman, yang mengangkut 214 kru, dijadwalkan berlayar selama 52 hari dari Jakarta, Batam, menuju El Arish, Mesir, dan kembali ke Tanah Air, tetapi dijadwalkan juga untuk port visit di Jeddah, Arab Saudi. Dari 214 kru itu, 40 di antaranya merupakan pasukan khusus TNI AL.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x