Pengungsi Rohingnya Beban Indonesia? Warga Net Singgung Israel Dulu Dibantu Palestina Jadi Bumerang

- 7 Desember 2023, 11:27 WIB
Pengungsi Rohingya mendapatkan pelatihan bermain gitar di tempat penampungan Desa Blang Adoe, Aceh Utara, Aceh.
Pengungsi Rohingya mendapatkan pelatihan bermain gitar di tempat penampungan Desa Blang Adoe, Aceh Utara, Aceh. /Antara/Rahmad/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS  - Pengungsi Rohingnya di Indonesia tercatat sudah mencapai seribu orang lebih dan diperkirakan akan terus bertambah lantaran gelombang pengungsi masih terus berlangsung. 

Pemerintah menerima para pengungsi atas dasar kemanusiaan, dan ditempatkan di penampungan sementara di Aceh, Medan, dan Pekanbaru. 

Presiden Jokowi menugaskan Menkopolhukam Mahfud MD menyelesaikan masalah pengungsi Rohingya karena membuat pemda kewalahan dan memicu penolakan. " Akan dicarikan solusi diantaranya dikembalikan ke negaranya", kata Mahfud MD. Dilansir dari Antaranews. 

Baca Juga: Warga Aceh Menolak kedatangan pengungsi Rohingya

Rohingya adalah sebuah kelompok etnis Indo Arya dan Rakhine juga dikenal sebagai Arakan atau Rohang dalam bahasa Rohingya di Myanmar. Rohingya adalah etno-linguistik yang berhubungan dengan bangsa Indo-Arya di India dan Bangladesh yang berlawanan dengan mayoritas rakyat Myanmar Sino-Tibet. 

Menurut penuturan warga Rohingya dan beberapa tokoh agama mereka berasal dari negara bagian Rakhine. Sedangkan sejarawan lain mengklaim bahwa mereka bermigrasi ke Myanmar dari Bengal terutama ketika masa pemerintahan Inggris di Burma. 

Baca Juga: Update Jumlah Korban Tewas di Palestina Usai Pesawat Tempur Israel Hantam Kamp Pengungsi di Jalur Gaza

Pada batas tertentu perpindahan itu terjadi setelah kemerdekaan Burma pada tahun 1948 dan selama periode Perang kemerdekaan Bangladesh pada tahun 1971. 

Dilansir dari akun Tik-Tok: @geraldvincentt verified memiliki pengikut sebanyak 7.4m dan disukai sebanyak 274.1m. Terkait Rohingya beban Indonesia sebagai berikut : 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x