Pilot Batik Air yang Tertidur saat Bertugas Dinonaktifkan Sementara Manajemen Maskapai

- 9 Maret 2024, 21:06 WIB
Jalur Batik Air saat pilot ketiduran / Flight Global
Jalur Batik Air saat pilot ketiduran / Flight Global /

INDOBALINEWS - Pilot Batik Air yang tertidur saat tengah menjalankan tugas dalam pesawat yang membawa penumpang 153 orang dalam penerbangan rute Kendari-Jakarta akhirnya dinonaktifkan atau dibebaskan pihak manajemen maskapai pada Sabtu 9 Maret 2024.

Penonaktifan sementara pilot dalam penerbangan nomor ID-6723 rute Kendari ke Jakarta pada 25 Januari 2024 karena tertidur saat menerbangkan pesawat itu suah dilakukan sehari setelah kejadian.

Corporate Communiations Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan keputusan tersebut merupakan bentuk keseriusan perusahaan terhadap pentingnya aspek keselamatan serta menjalankan investigasi yang menyeluruh.

Baca Juga: Malut United FC Resmi Promosi ke Liga 1 Usai Menang Dramatis Lawan Persiraja Banda Aceh

“Pada 26 Januari 2024, Batik Air mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan (membebastugaskan) sementara pilot penerbangan nomor ID-6723, rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024,” kata Corporate Communiations Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro di Jakarta, Sabtu 9 Maret 2024 dilansir dari Antara.

Lebih lanjut dikatakannya Batik Air menyatakan telah menerapkan kebijakan waktu istirahat yang memadai. Danang berujar perusahaan juga menekankan kembali pemahaman akan pentingnya memaksimalkan waktu istirahat bagi awak pesawat agar tetap dalam kondisi prima sebelum melaksanakan tugas terbang.

“Batik Air berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dengan regulator, awak pesawat dan pihak-pihak terkait (berwenang) lainnya dalam meningkatkan standar keselamatan penerbangan,” ujar dia.

Danang mengatakan Batik Air juga bakal menerapkan rekomendasi keselamatan dari KNKT usai insiden tersebut.

Baca Juga: Diguyur Hujan Lebat Banjir Parah Terjadi di Jalan By Pass Ngurah Rai Menuju Nusa Dua

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x