Mudik Lebaran 2024: Tips Mudik LebaranJika Lewat Jalan Tol, Agar Lancar dan Nyaman

- 4 April 2024, 14:25 WIB
Ilustrasi jalan tol. Pemudik lebaran perlu mempersiapkan hal hal yang bisa memperlancar perjalanan. Ini tips mudik lebaran jika menggunakan jalan tol.
Ilustrasi jalan tol. Pemudik lebaran perlu mempersiapkan hal hal yang bisa memperlancar perjalanan. Ini tips mudik lebaran jika menggunakan jalan tol. /Foto: Handout/Humas Jasa Marga/

INDOBALINEWS - Selama arus mudik Lebaran, menurut prediksi Jasa Marga, jumlah kendaraan pribadi yang akan melewati jalan tol Trans-Jawa sebanyak 259.000 kendaraan.

Jumlah itu menunjukkan peningkatan 0,003 persen dibanding mudik Lebaran 2023, dan meningkat 66,8 persen dibandingkan kondisi normal.

Seperti dilansir dari laman bpjt.pu, jika satu mobil minimal memerlukan ruang jalan sebesar lima meter, maka diperlukan jalan tol sepanjang 1.295 KM. Semua bisa membayangkan, betapa potensi kemacetannya akan sangat tinggi.

Dengan demikian, agar mudik Lebaran 2024 mencapai titik aman, selamat, dan nyaman, perlu kerja sinergis dari semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat pengguna jalan tol juga.

Baca Juga: Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol, Pantau Jalan Tol Cek Kepadatannya. Ini Link CCTV Jalan Tol Real Time

Beberapa hal yang bisa dilakukan pemudik agar mudik lancar dan lebih nyaman, ini tips mudik lebaran jika mengunakan jalan tol

1. Mudik lebih awal sebagai pilihan paling ideal,

Khususnya untuk menghindari arus puncak mudik, yang diperkirakan akan terjadi pada H-4, Sabtu, 6 April 2024.

Mudik lebih awal menjadi solusi yang paling rasional, apalagi sudah diberikan diskon tarif tol oleh BUJT, kisaran 10-20 persen (sampai gate Kalikangkung). Diskon hanya akan diberikan bagi pemudik yang melakukan perjalanan mudik pada tanggal 3 - 5 Maret, dan pada arus balik pada 17 - 19 Maret 2024, dengan potongan sebesar 20 persen.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: BPJT PU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x