Jelang Mudik Lebaran 2024: Menhub Tekankan Kelaikan Bus Jadi Prioritas

- 3 April 2024, 17:45 WIB
Ilustrasi bus mudik Lebaran 2024.
Ilustrasi bus mudik Lebaran 2024. /Pikiran Rakyat

 

INDOBALINEWS - Hari Raya Idul Fitri 2024 tinggal beberapa hari ke depan, para warga perantau di berbagai kota tentu sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman masing-masing.

Khusus untuk warga yang hendak mudik memakai jalur darat dengan bus-bus pariwisata, Kementerian Perhubungan memberikan fokus utama pada keselamatan penumpang dengan menimbau para pengusaha pemilik bus untuk memantau kelaikan bus pariwisata.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberi penjelasan terkait kesiapan Kemenhub menghadapi angkutan Lebaran 2024 dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI bersama Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kakorlantas Polri, Kepala BMKG dan Kepala Basarnas di Jakarta, Selasa2 April 2024 di Jakarta.

Baca Juga: Ketua MK: 4 Menteri yang Dipanggil Wajib Hadir Tak Boleh Diwakilkan

Budi Karya Sumadi meminta seluruh jajarannya di daerah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian mengadakan pemeriksaan kelaikan operasi (ramp chack) setiap bus pariwisata jelang mudik Lebaran.

"Ramp check kita lakukan, di laut, udara, kereta api, di bus, dan secara khusus kita minta teman-teman di daerah melalui kapolres untuk melakukan ramp check bus-bus atau bus pariwisata," kata Budi dilansir dari Antara.

Budi meminta masing-masing daerah melalui kapolres untuk melakukan penegakan hukum terhadap bus wisata yang biasanya dalam kondisi kurang baik. "Yang kebanyakan adalah bus-busnya itu tidak fit," tambahnya.

Baca Juga: Wartawan Menghubungi Meminta THR, Ketua Dewan Pers Ninik : Wajib untuk Menolaknya

Menhub Budi menekankan bahwa memastikan kelaikan operasi bus pariwisata merupakan upaya meningkatkan keselamatan masyarakat yang menggunakan moda transportasi tersebut.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x