Viral di Medsos Uang Palsu Berfosfor Beredar, Begini Penjelasan Bank Indonesia

- 26 Mei 2024, 12:12 WIB
Screenshot uanggahan video yang menunjukkan saat seseorang mengambil ATM keluar uang palu yang viral beredak di medsos dan grup washap.
Screenshot uanggahan video yang menunjukkan saat seseorang mengambil ATM keluar uang palu yang viral beredak di medsos dan grup washap. /Ist

 

INDOBALINEWS - Beberapa hari belakangan viral di medsos dan grup persakapan washap sebuah postingan yang menarasikan uang palsu fosfor beredar dimasyarakat.

Dalam postingan itu juga disebutkan Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat untuk lebih hati-hati, uang Rupiah dilengkapi dengan berbagai fitur unsur pengaman terkini yang mudah diidentifikasi dan dikenali oleh masyarakat namun sulit dipalsukan. 

Menanggapi unggahan tersebut Kepala Departemen Pengedaran Uang BI, Marlison Hakim menjelaskan bahwa BI belum menerima laporan uang palsu sebagaimana dalam media sosial dimana dari masyarakat, perbankan dan pihak lainnya.

Baca Juga: Cek Fitur Baru YouTube Music, Cari Lagu Dengan Menyanyikan Nada Lagu

"Namun, dalam rangka menyediakan alat pembayaran yang berkualitas dan aman dari upaya pemalsuan, uang dilengkapi dengan berbagai fitur unsur pengaman terkini yang mudah diidentifikasi dan dikenali oleh masyarakat namun sulit dipalsukan," ujarnya dilansir dari Antara Minggu 26 Mei 2024.

Lebih lanjut dijelaskannya fitur unsur pengaman tersebut secara umum terbagi ke dalam dua jenis unsur pengaman yaitu:

1) Unsur pengaman yang dapat langsung diidentifikasi oleh alat indera manusia melalui cara 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang), dan

2) Unsur pengaman yang dapat diidentifikasi menggunakan alat bantu seperti lampu Ultra Violet (UV) atau kaca pembesar.

Baca Juga: Spotify Perluas Eksperimen dengan AI, Penikmat Lagu Berbahasa Spanyol Makin Nyaman Ekspresikan Diri 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah