Presiden Jokowi Berkantor di IKN Awal juli 2024 Usai Pasokan Air Baku Tersedia

- 3 Juni 2024, 18:10 WIB
Pembangunan IKN Nusantara
Pembangunan IKN Nusantara /YouTube@lensa proyek/

INDOBALINEWS - Presiden Jokowi akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) sekitar akhir Juni atau awal Juli 2024 mendatang.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang diangkat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN itu merinci Presiden Jokowi mulai berkantor di IKN setelah pasokan air baku tersedia.

"Juni ini air sudah masuk. Sekarang lagi diambil pompanya. Tanggal 7 Juni sampai di Balikpapan, kita instal. Ini tanggal 3 Juni diambil (pompanya), 7 Juni air sampai di Balikpapan, diinstal, mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli," kata Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 3 Juni 2024.

Baca Juga: Hari Bersepeda Sedunia 3 Juni 2024, Sejarah da Maknanya

Dalam kesempatan sebelumnya, Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga mengatakan Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN dapat fungsional pada Juli 2024.

Danis memastikan bahwa setiap bangunan di IKN, termasuk Istana Negara dan Kantor Presiden, sudah tersedia air, listrik, dan internet.

Kementerian PUPR sedang menyiapkan air baku dari intake Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, yang dipasang dan sudah disiapkan jaringan pipanya dengan dimasukkan ke multiutility tunnel (MUT).

Seperti dilansir dari Antara, selain itu, untuk listrik, PLN sudah menyiapkan pasokan listrik yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sekitar 50 megawatt.

Kemudian dari Telkom terkait sarana telekomunikasi, yakni internet dimasukkan ke boks MUT, kemudian nantinya akan terhubung ke setiap kavling-kavling bangunan.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah