SVF 2023 Digelar Bertema Amrta Sagara, Refleksi Kondisi dan Animo Masyarakat Terkini

- 4 Juli 2023, 17:33 WIB
Ilustrasi SVF 2023.
Ilustrasi SVF 2023. /Dok Gus Okan

 

INDOBALINEWS - Sanur Village Festival (SVF) 2023 yang ke-16 akan dihelat pada 19-23 Juli mendatang di Pantai Matahari Terbit Sanur Denpasar mengambil tema Amrta Sagara.

Menuruy Ketua Yayasan Pembangunan Sanur (YPS), Ida Bagus Gede Sidharta Putra tema ini diambil merujuk dari Kitab Adiparwa yang menyebutkan (Sagara) berarti laut dan sebagai sumber kehidupan (Amrta).

"Sesuai tradisi, festival desa bertaraf internasional ini memilih tema yang diserap dari kondisi dan animo masyarakat terkini. Dan dalam kitab tersebut, ada dua konsep yang memengaruhi kehidupan masyarakat di Bali, yaitu mencari laut ke dalam diri disebut Amrta Jiwa dan mencari laut ke luar tubuh di sebut Amrta Urip," jelasnya dalam pernyataan resmi yang dilansir Selasa 4 Juli 2023.

Baca Juga: Begini Keindahan dan Kelebihan Koleksi Terbaru Frank & co di Momen Anniversary ke 27

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Gusde ini mengatakan, menjaga laut cara mensyukuri Amrta Sagara berkat anugerah dari laut.

Masyarakat dan pemerintah di seluruh dunia patut memberi perhatian khusus, karena lautan disatukan di seluruh dunia.

Sampah yang dibuang entah di daratan mana, bisa saja sampai di Sanur, begitu sebaliknya. Karena sampah saat ini, didominasi berbahan plastik dan susah diurai. Sampah ini bisa merusak tempat biota laut bertelur dan berkembangbiak. 

 Baca Juga: Overstay, WNA Belgia Dideportasi Imigrasi Singaraja

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x