Ide Presiden Jokowi, Hadirkan Tourism Fund dan Gelontorkan Rp1 Triliun Dukung Pariwisata

- 6 Oktober 2023, 20:27 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat di Poltekpar Bali, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat 6 Oktober 2023.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat di Poltekpar Bali, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat 6 Oktober 2023. /Dok Dafi

 
INDOBALINEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa pemerintah berniat membentuk tourism fund atau dana untuk mendukung kegiatan pariwisata.

Menteri Sandi mengatakan, bahwa kabar baik dari pariwisata di Indonesia ialah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar menghadirkan tourism fund untuk memulihkan atau memajukan pariwisata di Indonesia.

"Ada berita baik bahwa Presiden (Jokowi) memerintahkan kita untuk menghadirkan tourism fund. Jadi dana yang dikelola untuk kemajuan pariwisata kita. Ini untuk menarik event berkualitas dunia ke Bali dan juga event budaya, event olah raga sehingga kita memiliki kemampuan untuk meningkatkan wisata yang lebih berkualitas," kata dia,
usai menghadiri job fair di Poltekpar Bali, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat 6 Oktober 2023 sore.

Baca Juga: Liga 1: Persija Jakarta vs Barito Putera, Rayhan Hannan: Pemain Muda Kalau Ada Kesempatan, Jangan Ragu!

Sementara, untuk nilai tourism fund untuk dikelola targetnya sekitar Rp1 triliun melalui penugasan BUMN.

"Nilainya untuk awal belum ditetapkan tapi targetnya tidak terlalu tinggi, sekitar Rp 1 triliun rupiah yang dikelola. Salah satu usulannya yang mengelola nanti adalah pemerintah melalui penugasan BUMN," ujarnya.

Menteri Sandi juga menyampaikan, update pemulihan pariwisata di Indonesia secara menyeluruh dan per bulan September 2023 kian baik.

Baca Juga: Kebobolan Tinggi, Adilson Maringa Punya Catatan Ini Bersama Bali United

"Update pariwisata secara menyeluruh, pemulihannya sudah sangat terasa terutama di destinasi-destinasi unggulan. Per September data yang masih raw (mentah) yang saya miliki bahwa target tahun ini kita akan melebihi 15-20 persen dari wisatawan mancanegara. Wisatawan nusantara kita masih berjuang untuk bisa mencapai target. Oleh karena itu banyak event yang kita dorong untuk bergeraknya wisatawan ini," ujarnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x