Menparekraf Respon Penindakan Tegas ke Bule Nakal, Justru Tingkatkan Turis ke Pulau Bali,

- 6 Oktober 2023, 20:09 WIB
menghadiri job fair di Poltekpar Bali, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat 6 Oktober 2023 sore.
menghadiri job fair di Poltekpar Bali, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat 6 Oktober 2023 sore. /Saifullah Indobalinews

INDOBALINEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, merespon soal masih ditemukan Warga Negara Asing (WNA) atau bule di Bali yang nakal atau masih berulah dengan melanggar peraturan di Pulau Dewata.

Menteri Sandi, mengatakan untuk bule yang berulah tentu harus ditindak tegas agar para turis yang datang ke Indonesia khususnya ke Bali, memahami pariwisata yang berbasis budaya dan bermartabat.

"Kita harus tegas menyampaikan pariwisata Indonesia khususnya di Bali, adalah pariwisata yang berbasis budaya lokal bermartabat, berkelanjutan, berkualitas, dan berkebudayaan. Jadi saya tekankan itu yang sudah kami sampaikan," kata Sandi, saat usai menghadiri job fair di Poltekpar Bali, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat 6 Oktober 2023 sore.

Baca Juga: Liga 1: Persija Jakarta vs Barito Putera, Rayhan Hannan: Pemain Muda Kalau Ada Kesempatan, Jangan Ragu!

Pihaknya juga menyatakan, bahwa sudah berkoordinasi dengan pihak aparat agar menindak tegas turis asing yang berulah di Bali. Pihaknya juga mengeklaim bahwa penindakan turis nakal di Bali malah mendapatkan apresiasi dari banyak pihak dan malah jumlah kunjungan wisatawan justru tinggi.

"Aparat penegak hukum sudah kita koordinasikan untuk bersikap tegas namun santun dalam menyampaikan peraturan-peraturan termasuk juga kearifan adat budaya dan kearifan lokal masyarakat Bali," ujarnya.

Baca Juga: Kebobolan Tinggi, Adilson Maringa Punya Catatan Ini Bersama Bali United

"Saya menerima banyak apresiasi bahwa ketegasan kita ini, bukan malah mengurangi kunjungan wisatawan ke Bali justru malah meningkat, angkanya itu di atas 19 persen pertumbuhan year-on-year.

Jadi ini, kita akan terus pertahankan dan kita komunikasikan dan sosialisasikan, dan kita bina, banyak (turis) yang melanggar peraturan tersebut dan berulah itu karena ketidaktahuan mereka dan ini nanti kita lebih masif untuk disosialisasikan," katanya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x