53% Perempuan Berperan dalam Sektor Pariwisata di Asia dan Pasifik

- 4 Mei 2024, 16:05 WIB
Ilustrasi: Peran perempuan dalam industri pariwisata.
Ilustrasi: Peran perempuan dalam industri pariwisata. /MStudioImages/Getty Images

 

INDOBALINEWS - Berdasarkan data UN Tourism, peran perempuan dalam sektor pariwisata di Asia dan Pasifik adalah 53% dari total populasi.

Hal tersebut terkonsentrasi pada ketrampilan yang rendah, gaji rendah, peran informal perempuan dan faktor lainnya. Sedangkan partisipasi dan kepemimpinan perempuan memiliki dampak positif bagi pengembangan pariwisata di Indonesia. 

Hal itu dikatakan oleh Sekda Bali Dewa Made Indra dalam sambutannya di acara "2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific" yang merupakan kerjasama antara UN Tourism dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar) RI yang ditutup hari ini Sabtu 4 Mei 2024.

Baca Juga: Imigrasi Ngurah Rai Amankan 7 WNA di Seminyak dan Kuta, 2 Diantaranya Diduga Terkait Prostitusi

Acara yang berlangsung di The Westin Resort Nusa Dua, Bali, pada 2 - 4 Mei 2024 itu dihadiri sekitar 200 peserta yang berasal dari UN Tourism officials, para menteri pariwisata perempuan, tokoh-tokoh perempuan industri pariwisata, akademisi, dan pemangku kepentingan lainnya dari wilayah Asia Pasifik. .

Sekda Dewa Indra juga mendorong Konferensi ini dapat menghasilkan solusi dalam meningkatkan peran perempuan di sektor pariwisata, sehingga dapat sejalan dengan tujuan yang lebih luas dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan dan merupakan implementasi salah satu komponen dari Sustainable Development Goals (SDGs) yakni kesetaraan gender dan pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo menegaskan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus menjadi pelopor kesetaraan gender dan dapat memberikan ruang yang adil bagi perempuan untuk berkreasi dan berkarya demi terwujudnya pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Baca Juga: Sisa 1 Tiket ke Olimpiade Paris, Garuda Muda Tantang Guinea 9 Mei 2024

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah