Telusuri Proyek Pembangunan 5 Destinasi Super Prioritas guna Tarik Wisatawan Domestik dan Mancanegara

- 21 Oktober 2023, 22:09 WIB
Danau Toba
Danau Toba /FOTO: kwriu.kemdikbud.go.id

 

INDOBALINEWS – Indonesia dengan 38 provinsi ini memiliki keindahan alam yang memukau. Banyak turis domestik maupun mancanegara yang terpikat akan daya tarik wisata yang ada di Indonesia. Dari deretan wisata air hingga pegunungan, tanah air Indonesia mampu menyuguhkan segala panoramanya.

Keanekaragaman hayati yang diikuti murahnya biaya pariwisata, semakin menjadikan negara Indonesia sebagai primadona. Pemerintah Indonesia juga mendukung sisi pariwisata dengan membangun seluruh daerah wisata, tidak hanya Bali saja.

Hal tersebut didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025. Sehingga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik mencanangkan pembangunan Destinasi Super Prioritas (DSP).

Baca Juga: Antisipasi Chaos pada Pemilu 2024, Sinergitas Lintas Elemen Masyarakat jadi Prioritas

Pembangunan DSP sendiri sudah menjadi bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia 2020-2024.Lima DSP ini merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang terletak di lima provinsi berbeda.

Provinsi tersebut meliputi bagian barat, tengah, hingga timur Indonesia. Lebih tepatnya kawasan wisata yang dimaksud sebagai berikut:

Lima Destinasi Super Prioritas

  1. Borobudur di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah

DSP Borobudur akan mencakup wilayah berkisar 309 hektar kawasan pariwisata terpadu yang berfokus pada cultural co-resort yang saat masih dalam proses pengembangan. Dengan begitu, wilayah DIY mempunyai banyak objek wisata yang menitikberatkan pada budaya, sejarah, dan wisata alam baik secara alami maupun buatan. 

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x