Segera Cek Nama Anda di Website Cek DPT Daring, Ratusan WNI di Malaysia Klaim Nama Tidak Masuk DPT

- 3 Januari 2024, 08:39 WIB
ILUSTRASI WNI
ILUSTRASI WNI /PRMN

INDOBALINEWS  - Beredar video di media sosial X, adanya ratusan warga negara Indonesia (WNI) di Kuala Lumpur Malaysia, mengatakan tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024. 

Untuk itu Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia mengajak seluruh masyarakat kembali mengecek namanya secara daring. 

"Kepada semua pemilih diaspora atau pemilih luar negeri untuk memastikan ya namanya ada di dalam DPT LN, maka dapat mengecek website cek DPT daring," kata anggota KPU RI, Idham Holik di Jakarta, Selasa. Dilansir dari Antaranews. 

Baca Juga: Golput di Pemilu, Fatwa MUI: Haram!

Namun Idham mengatakan penting untuk memastikan video yang sedang beredar itu asli autentik atau justru masuk dalam kategori disinformasi, tambahnya. 

Pemilih yang terdaftar dalam DPK luar negeri merupakan pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT dan daftar pemilih tambahan (DPTb), tetapi memenuhi syarat sebagai pemilih. 

Mereka dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara dengan menunjukkan KTP elektronik, paspor atau Surat Perjalanan Laksana Paspor dengan alamat tinggal di luar negeri. 

Baca Juga: Ketua KPU Hasyim Asyari Optimis 81,8 Persen Pemilih Bakal Hadir ke TPS di Pemilu 2024

DPK luar negeri pada saat hari pemungutan suara dicatat oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara luar negeri dalam daftar hadir di tempat pemungutan suara (TPS) luar negeri dan dilaporkan kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri. 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x