Ciri Awal Bayi Stunting Terlihat pada Pertumbuhan Gigi

- 10 Oktober 2023, 07:10 WIB
Ilustrasi bayi. TAnda tanda stunting pada bayi bisa dilihat dari pertumbuhan gigi.
Ilustrasi bayi. TAnda tanda stunting pada bayi bisa dilihat dari pertumbuhan gigi. /Pixabay/cherylholt/

INDOBALINEWS - Sesuai laporan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) dari Kementerian Kesehatan, Bali merupakan provinsi dengan angka balita stunting terendah secara nasional pada 2021, dengan tingkat prevalensi hanya sebesar 10,9%.

Menurut Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali drg. Ida Mahendra Jaya persoalan stunting harus segera ditangani dan sejak awal pertumbuhan bayi, ciri-cirinya sudah terlihat.

"Karena ciri-ciri yang diperlihatkan oleh bayi di masa tumbuh kembangnya sudah terlihat dari berat badan, tinggi dan mentalnya atau tingkat kecerdasannya, dan khususnya akan nampak dari pertumbuhan gigi pada bayi," ujar drg. Ida Mahendra Jaya saat  didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Candrawati Tamba dan instansi terkait menyambangi sekaligus menyerahkan bantuan kepada 50 balita yang berpotensi stunting, di Banjar Katulampa, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana, Senin 9 Oktober 2023.

Baca Juga: Jutaan UMKM Batik Tembus Pasar Global Berkat Shopee, Didiet Maulana Kagum

Lebih lanjut dikatakannya, dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan sehat, tentu akan membantu balita tumbuh menjadi kuat dan cerdas.

 

Tercatat sebagai salah satu kabupaten dengan tingkat stunting yang tinggi di Bali pada tahun 2021 dengan prevalensi stunting di atas rata-rata, Kabupaten Jembrana mencatat 14,3% kasus stunting, terus mendapat pengawalan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana dan instansi terkait hingga turun di angka 8,35% di tahun 2022.

Sesuai laporan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) dari Kementerian Kesehatan, Bali merupakan provinsi dengan angka balita stunting terendah secara nasional pada 2021, dengan tingkat prevalensi hanya sebesar 10,9%.

Baca Juga: KTT AIS Forum Fokus pada Inisiatif Nyata Sektor Maritim

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x