Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Tetap Sehat

- 6 April 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran.
Ilustrasi mudik Lebaran. /Fian Afandi/Pikiran Rakyat

 

INDOBALINEWS - Mudik lebaran bagi mayoritas umat Muslim Indonesia menjadi sebuah keharusan dengan sejumlah persiapan yang menyita kondisi fisik dan psikhis.

Karenanya urusan kesehatan harus menjadi perhatian utama sebab menjadi salah satu modal dasar untuk beraktifitas saat Hari-H Lebaran di kampung halaman serta tetap sehat usai ritual mudik berjalan lancar kan.

Seperti yang dikatakan oleh pakar kesehatan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember Dr Wahyudi Widada yang memberikan tips kepada masyarakat yang mudik Lebaran ke kampung halamannya agar tetap sehat dan aman saat berkumpul keluarga pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca Juga: Turnamen Bergengsi! Klub Terbaik se-Asia Tenggara Akan Berlaga di Shopee Cup Asean Club Championship

"Semakin dekat dengan Lebaran, kebiasaan masyarakat untuk kembali ke kampung halaman menjadi sebuah tradisi yang terjadi secara rutin tiap tahun," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Jember, Jawa Timur, dilansir dari Antara Sabtu 6 April 2024.

Dalam menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, lanjut dia, perubahan gaya hidup secara sementara terjadi dalam perjalanan mudik, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan.

"Perjalanan yang panjang dan perubahan pola makan selama Lebaran itulah yang dapat berakibat buruk pada kesehatan, sehingga harus diantisipasi dan diwaspadai," tuturnya.

Baca Juga: Penumpang KM Mutiara Ferindo Jatuh ke Laut di Malam Hari

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah