Pagelaran Anggit Budaya, Menjejak Akar Kebangsaan Puri Klungkung dan Kediri Jawa Timur

- 17 Januari 2022, 12:12 WIB
Pagelaran Seni Budaya yang digelar Puri Klungkung dan Yayasan Kerana, Sabtu 15 Januari 2022.
Pagelaran Seni Budaya yang digelar Puri Klungkung dan Yayasan Kerana, Sabtu 15 Januari 2022. /Shira Ade Indobalinews

INDOBALINEWS - Puri Klungkung dan Yayasan Kerana menggelar pagelarang seni dan budaya bertajuk Anggit Budaya yang merupakan perwujudan menjalin akar sejarah antara Kediri Jawa Timur dan Puri Klungkung Bali pada Sabtu 15 Januari 2022.

Acara yang menampilkan serangkaian tarian dari Kediri, Jawa Timur, tarian Bali serta kreasi seni tari perpaduan tradisional dan kontemporer ini juga bertujuan untuk menjejak akar kebangsaan dan membangkitkan kembali kekayaan budaya Nusantara.

Penglingsir Puri Klungkung, Ida Dalem Semara Putra yang hadir dalam acara itu mengatakan sangat bangga dan senang adanya upaya membangkitkan kekayaan budaya Nusantara, khususnya dari Klungkung dan Kediri.

Baca Juga: Pelaku Usaha Mikro Kecil dan UMKM di Bali Dapat Berkah dari Ajang Liga 1 Indonesia

"Kami senang karena dibalik acara ini ada keinginan untuk membangkitkan kekayaan budaya nusantara," kata Penglingsir Puri Klungkung, Ida Dalem Semara Putra.

Ia yang merupakan keturunan ke-14 dari pendiri Kerajaan Gelgel (Klungkung) mengungkapkan, hubungan resmi antara Kediri dan Bali berawal saat Gajah Mada sebagai Maha Patih di Majapahit mengutus Sri Kresna Kepakisan menjadi raja Bali dengan gelar Dalem Sri Kresna Kepakisan.

Baca Juga: Ibu dan Anak Terseret Arus Saat Menyeberangi Sungai di Singaraja

Penunjukan itu adalah atas saran Mpu Kepakisan, seorang brahmana dan penasihat spiritual Gajah Mada dari Desa Kepakisan (Desa Pakis) dari Kediri (Jawa). Dalam sejarah Bali kemudian, kerajaan Gelgel (Klungkung) menjadi pusat kerajaan di Bali.

Sementara itu Ketua Yayasan Kerana, Eddy Sunyoto menyebut, upaya ini perlu dilakukan agar kekayaan budaya bisa dilestarikan dan dikembangkan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x