Golok Banten Bakal Ditetapkan Jadi Warisan Indonesia yang Mendunia

- 13 November 2022, 14:12 WIB
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto bersama Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan unsur Forkopimda memeragakan silat pada seminar internasional Golok Banten di Mata Dunia.
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto bersama Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan unsur Forkopimda memeragakan silat pada seminar internasional Golok Banten di Mata Dunia. /Humas Polda Banten

 

INDOBALINEWS - Golok adalah senjata tradisional itu dikenal khususnya di daerah Banten.

Golok merupakan sebuah senjata yang mempunyai nilai historis tinggi sejak era Kerajaan Sunda atau Padjadjaran dan era Kesultanan Banten hingga di era kemerdekaan.

Kapolda Banten Irje  Pol Rudy Heriyanto menyatakan Banten adalah sebuah wilayah yang penuh dengan sejarah perjuangan dalam mendukung upaya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga: Turunkan Berat Badan dengan Bedah Bariatrik, Usus Melly Goeslaw Dipotong 85 Persen

“Peradaban seni tempa golok banten telah diuji pada Laboratorium Metallurgy yang mencakup unsur kimia atau material, tingkat kekerasan besi maupun photo micro, yang memiliki betapa luar biasa adhiluhungnya para empu atau pandai besi di wilayah Banten," ujar Kapolda saat membuka 'Seminar Internasional Golok Banten di Mata Dunia' untuk mendukung penetapan golok banten menjadi salah satu warisan Indonesia yang mendunia Minggu 13 November 2022.

Dikatakan Kapolda seminar internasional itu adalah wujud jalinan sinergitas antara Polri dengan para pelestari golok banten sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia yang adiluhung, baik tingkat regional, nasional maupun internasional.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika, Dipastikan Pecahkan Rekor Jumlah Penonton WSBK

"Peradaban seni tempa golok banten telah diuji pada Laboratorium Metallurgy yang mencakup unsur kimia atau material, tingkat kekerasan besi maupun photo micro, yang memiliki betapa luar biasa adhiluhungnya para empu atau pandai besi di wilayah Banten," katanya menjelaskan seperti dikutip dari Antara.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x