Pameran Telur Setengah Matang: Merespon Isu Kehamilan Anak dengan Seni Ala Bali

- 27 Oktober 2023, 09:59 WIB
Sebuah karya seni yang dipajang dalam pameran bertajuk MANUSIA: Telur Setengah Matang, 23-39 Oktober 2023.
Sebuah karya seni yang dipajang dalam pameran bertajuk MANUSIA: Telur Setengah Matang, 23-39 Oktober 2023. /Dok Rofiki

INDOBALINEWS - Sebuah gayor alias dekorasi acara pernikahan di Bali menghiasi SPerkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Bali. Tapi penampilannya tampak tak biasa karena ada ornamen telur putih yang memagari pintu, bahkan berada di tangan figur sang dewi.

Gayor tersebut merupakan salah satu karya seni yang dipajang dalam pameran bertajuk MANUSIA: Telur Setengah Matang, 23-39 Oktober 2023. Melanjutkan seri pameran MANUSIA: Coming of Age yang pertama kali diadakan di Dharma Negara Alaya pada Mei 2023 lalu, pameran kali ini kembali mencoba untuk merespon isu-isu terkait kesehatan seksual dan reproduksi dengan cara yang berbeda.

Dalam mempersiapkan pameran ini, PKBI Daerah Bali berkolaborasi dengan Gurat Institute, sebuah kolektif seniman Bali yang berfokus pada program riset, dokumentasi, pengkajian dan pengembangan kebudayaan (visual culture), melalui presentasi gelaran seni rupa dan karya-karya kolaboratif yang melibatkan lintas seniman.

Baca Juga: Selamat Ivan Gunawan, Putri Kecil Ayah dapat Award, Kometar Warganet Bikin Ngakak!

“Fenomena kehamilan remaja ini dari dulu memang cukup tinggi di Indonesia, khususnya di Bali,” ujar Ni Luh Eka Purni Astiti, Direktur Eksekutif PKBi Daerah Bali.

Pernyataan ini sejalan dengan data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional tahun 2017, dimana hampir 2 dari 3 perempuan usia 20-24 tahun yang menikah sebelum usia 18 tahun hamil pertama kali di bawah usia 18.

Indeks Pembangunan Pemuda Tahun 2019 pun mencatat, proporsi remaja berusia 15–18 tahun di Provinsi Bali yang pernah menikah dan sedang hamil sebesar 23,40% tergolong relatif besar dan bahkan melebihi angka nasional (16,67%).

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Berbenah, Barito Putera Incar Gelandang asal Argentina Cristian Hernandez

“Pameran ini adalah uji coba kami untuk membungkus edukasi bukan hanya ceramah, tapi juga informasi yang disampaikan melalui seni. Jadi kami juga menggaet stakeholder dan seniman yang mungkin sebelumnya jauh dari isu kesehatan reproduksi dan seksual,” lanjut Eka Purni.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x