Google Dituding Mengakses Pesan WhatsApp Pribadi, Tidak Terbukti

- 19 Desember 2020, 16:57 WIB
whatsapp
whatsapp /https://www.whatsapp.com/

INDOBALINEWS - Setelah belum lama ini tersiar kabar bahwa Facebook digugat untuk melepaskan WhatsApp karena dianggap monopoli jaringan dalam kasus anti monopoli oleh pemerintah AS.

Yang kemudian pada hari Rabu kemarin, Jaksa Agung Texas mengumumkan kasus anti monopoli secara umum dan terbuka terhadap bisnis iklan Google.

Gugatan baru dalam kasus anti monopoli ini, menuduh adanya kesepakatan di belakang kerjasama antara Google dan Facebook.

Baca Juga: Twitter Sedang Uji Fitur Barunya, Ruang Obrolan Suara Dengan Nama ‘Spaces’

Keluhan anti monopoli tersebut membuat banyak tuduhan yang membuka mata, termasuk konspirasi jangka panjang antara Google dan Facebook untuk meredakan ancaman penawaran tajuk.

Tetapi salah satu tuduhan paling aneh berkaitan dengan WhatsApp. Menurut pengaduan tersebut, Google membuat kesepakatan dengan Facebook untuk mengakses jutaan pesan pribadi, dan foto dari pengguna WhatsApp, tak lama setelah aplikasi tersebut diperoleh.

Tuduhan spesifik datang dalam berkas sebanyak 57 halaman ke dalam pengaduan. Dokumen pengaduan itu telah banyak disunting, tetapi tidak salah lagi yaitu menuduh  adanya perjanjian eksklusif antara Google dan Facebook, yang memberikan Google untuk akses ke pesan WhatsApp pengguna.

Baca Juga: Ada Bunker Simpan Senjata Api Rakitan di Rumah Teroris Upik Lawanga di Lampung

Berikut kutipan dari rangkuman 57 halaman keluhan di Texas melawan Google. Dan keluhan ini adalah klaim yang luar biasa karena beberapa alasan. 

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: The Verge


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x