Waspada, Berikut Jenis Penipuan yang Sering Terjadi di Ruang Digital

- 29 Juni 2021, 11:16 WIB
Ilustrasi Modus penipuan online.
Ilustrasi Modus penipuan online. /Preepik/Rahmawati/

INDOBALINEWS - Penipuan melalui jaringan internet sudah bukan hal baru lagi di dunia ini. Secanggih apapun proteksi yang dipasang, tetap bisa dibobol oleh seorang hacker. Penipuan di internet pun beragam jenisnya. Mulai dari scam, phising, account take over, carding, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jenis penipuan yang seringkali terjadi akhir-akhir ini adalah top up pulsa, menawarkan pekerjaan, hingga kode OTP dari kasir minimarket yang bertujuan menyadap smartphone pengguna untuk disalahgunakan.

Menurut Abang Suluh Husudo, Managing Director PT Maxplus Indonesia Anugerah mengatakan penipan di internet berisiko membahayakan moril dan materil.
Hal tersebut dia sampaikan dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah KotaTernate, Maluku Utara.

Baca Juga: Pakai Pesawat Masuk Bali Wajib PCR Ini Ketentuan Lengkapnya

“Penipuan memang sudah marak dari zaman dulu kala, namun saat ini saat orang baru bangun tidur saja katakanlah, sudah bisa kena penipuan,” kata dia membuka sesi sharingnya.

Para pelaku biasanya memperdaya korban, memanipulasi pikiran dan pandangan demi mendapatkan keuntungan berupa identitas pribadi. Untuk kemudian, dijelaskan lebih lanjut oleh Suluh setelah pelaku mendapatkan data atau berhasil menyadap smartphone mereka akan berpura-pura menjadi korban dan meminta uang kepada seluruh isi kontak yang ada.

“Penipuan seperti itu saat ini sudah marak terjadi. Untuk itu jangan pernah mau memberikan kode OTP apapun kepada orang lain. Atau mengklik hal yang mencurigakan,” tambahnya.

Baca Juga: Hati-Hati dengan Jejak Digital: Tuhan Maha Pengampun Tapi Google Tidak

Menurut Suluh, taktik pelaku penipuan cenderung sama dan berpola. Yakni membuat korbannya merasa takut dan mempercayai segala bentuk ucapan mereka hingga akhirnya berempati dengan cerita bohong yang disampaikan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x