Hari Saraswati: Memaknai Hari Turunnya Ilmu Pengetahuan dan Penajaman Pikiran

- 27 Agustus 2021, 16:25 WIB
Umat Hindu memperingati Hari Suci Saraswati yang merupakan hari turunnya ilmu pengetahuan pada Sabtu, 27 Agustus 2021.
Umat Hindu memperingati Hari Suci Saraswati yang merupakan hari turunnya ilmu pengetahuan pada Sabtu, 27 Agustus 2021. /Jurnal Sumsel

INDOBALINEWS – Pada Sabtu, 28 Agustus 2021 seluruh umat Hindu merayakan Hari Suci Saraswati atau hari turunnya ilmu pengetahuan.

Hari Suci Saraswati diyakini sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan dan anugerah baik bagi umat manusia dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sinar Suci Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam agama Hindu dalam manifestasinya sebagai Dewa Ilmu Pengetahuan adalah Dewi Saraswati.

Baca Juga: Hari Saraswati: Mengenal Silsilah Dewi Pengetahuan yang Diperingati Umat Hindu di Bali

Hari Saraswati dalam ritual keagamaan Hindu Bali jatuh setiap 210 hari sekali atau bertepatan setiap Saniscara (Sabtu) Umanis Wuku Watugunung.

Dosen Program Studi Pendidikan Agama, Fakultas Pendidikan,  Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar Ida Bagus Purwa Sidemen, S.Ag., M.Si. mengatakan pada hari suci ini umat melakukan persembahyangan di sanggah (tempat ibadah umat Hindu) di rumah masing-maisng.

Umat Hindu berdoa agar diberikan anugerah berupa ilmu pengetahuan yang cukup untuk membantu orang lain yang mungkin masih memiliki kekurangan untuk menempuh pendidikan dan untuk diri sendiri.

“Tanpa dasar ilmu pengetahuan maka manusia akan menderita seperti tertulis dalam Kitab Suci Weda,” kata Ida Bagus Purwa Sidemen kepada Indobalinews pada Jumat, 27 Agustus 2021.

Baca Juga: Liga 1 Indonesia 2021: Bali United vs Persik Kediri, Fahmi Tak Sabar Berlaga di Stadion GBK

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x