Cuaca Bali Hingga 34 Derajat Celcius, Ini Kata BMKG

- 22 Oktober 2021, 18:40 WIB
Ilustrasi cuaca panas
Ilustrasi cuaca panas /PIXABAY/ Ana_J/

INDOBALINEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, suhu cuaca panas di Bali sangat menyengat yaitu mencapai 30 - 34 derajat celcius.

Dalam keterangan tertulis, BMKG Wilayah III Denpasar, menjelaskan bahwa suhu antara 30 sampai 34 derajat celcius terjadi pada siang atau tengah hari.

Baca Juga: WNA Lithuania yang Terlibat Kasus Penganiayaan Bebas dari Lapas Kerobokan Bali

"Berdasarkan data suhu udara maksimum umumnya terjadi pada siang atau tengah hari di Bali dalam lima hari terakhir ini berada dalam kisaran 30 (hingga) 34 celcius," kata prakirawati BBMKG Wilayah III Denpasar Kadek Setiya Wati dalam keterangan tertulis yang diterima Indobalinews, Jumat, 22 Oktober 2021.

Menurut BMKG, suhu panas terjadi di Bali karena pada bulan Oktober, posisi semu tahunan matahari berada di Belahan Bumi Selatan (BBS). Hal tersebut mengakibatkan daerah yang terletak di sebelah selatan ekuator akan mendapatkan intensitas peyinaran matahari yang lebih tinggi.

Baca Juga: Mengenal Bentuk Perkawinan Di Bali

Kondisi gerah secara meteorologis disebabkan suhu udara yang panas disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Kelembapan udara yang tinggi menyatakan jumlah uap air yang terkandung pada udara.

"Semakin banyak uap air yang dikandung dalam udara, maka akan semakin lembap udara tersebut, dan apabila suhu meningkat akibat pemanasan matahari langsung, suasana akan lebih terasa gerah," jelas Setiya Wati.

Sementara itu, di wilayah perkotaan terutama di kota besar umumnya memiliki suhu udara yang lebih panas dibandingkan bukan wilayah perkotaan.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x