Basarnas Tempatkan Heli SAR guna Tangani Keamanan KTT AIS Forum 2023

- 11 Oktober 2023, 07:50 WIB
Heli Dauphin 3606 milik Basarnas Bali siaga untuk tangani keamanan keberlangsungan KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali.
Heli Dauphin 3606 milik Basarnas Bali siaga untuk tangani keamanan keberlangsungan KTT AIS Forum 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali. /Dok. Humas Basarnas Bali

INDOBALINEWS - Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono datang langsung ke Bali untuk memastikan kesiapsiagaan dalam rangka pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum 2023, Selasa 10 Oktober 2023. Kegiatan internasional yang terkonfirmasi akan dihadiri sebanyak 29 negara dan empat organisasi internasional tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari, 10-11 Oktober 2023.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Media Center KTT AIS Forum 2023 hingga Senin sore, tercatat sembilan kepala negara atau setingkat kepala negara akan hadir.

Pengecekan awal, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas meninjau posko utama di Puja Mandala dengan didampingi Kepala Kantor SAR Denpasar I Nyoman Sidakarya beserta jajarannya.

Baca Juga: Tempe Bacem, Selada Udang Andaliman Menu Makan Malam Pemimpin Negara dan Delegasi KTT AIS Forum

"Pada kesempatan ini kami sempat berkoordinasi dengan Kasrem Kodam, Kolonel Rusdian selaku Wadansatgas Evakuasi, terkait rencana operasi untuk mengantisipasi dalam menangani jika terjadi kondisi darurat," katanya.

Selanjutnya, ia mengunjungi Posko Satgas Udara bertempat Pangkalan TNI AU I Gusti Ngurah Rai dan diterima langsung oleh Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Agni Prayoga.

Pada pengamanan KTT AIS Forum, Basarnas menyiagakan Heli Dauphin 3606 yang ditempatkan di Garuda Wisnu Kencana. Di tempat berbeda Basarnas juga menyiagakan KN SAR Arjuna 229.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Persija Jakarta Cari Pemain Baru, Striker Barito Putera Masuk Radar Utama

"Selain Alut laut dan udara serta kendaraan operasional, kami juga menyiagakan petugas SAR sebanyak 66 personil, dan berada di 2 titik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Posko Puja Mandala dan Pelabuhan Benoa," terang Agus Haryono.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x