Upaya Niskala Ditempuh, Kalaksa BPBD Bali Percikkan Tirta dari Atas Kebakaran TPA Suwung

- 15 Oktober 2023, 21:47 WIB
Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin saat memercikkan Tirta dari atas TPA Suwung Denpasar Bali
Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin saat memercikkan Tirta dari atas TPA Suwung Denpasar Bali /Dok BPBD Bali

INDOBALINEWS - Upaya pemadaman kebakaran TPA Suwung hingga hari Ahad 15 Oktober 2023 ini masih terus berlangsung dan titik api masih terlihat.

Selain menempuh berbagai upaya Sekala (kasat mata) yang telah dilakukan, Pemprov Bali dan instansi terkait juga berupaya menempuh upaya niskala (tak kasat mata) guna melancarkan upaya pemadaman kebakaran lahan TPA Suwung Denpasar.

Upaya Sekala yang telah ditempuh baik di darat seperti pengerahan belasan armada pemadam kebakaran dari wilayah Sarbagita dan mendatangkan Manggala Agni dari Sulawesi, lalu ditopang dengan pengerahan water bombing melalui udara yang disupport helikopter BNPB, kini diimbangi juga dengan upaya niskala.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Kejutan, Eks Timnas Paraguay U20 Fix Gabung PSM.Makassar Ganti Posisi Wiljan Pluim

“Sebagai orang Bali yang memiliki kepercayaan adanya kekuatan alam semesta, kami mengimbangi operasi yang dilakukan di darat dan udara dengan utsaha niskala, yakni memercikkan tirta atau air suci dari udara,” kata Kalaksa BPBD Bali Made Rentin di Denpasar, Minggu 15 Oktober 2023.

Upaya memercikkan tirta dari helikopter ini dilakukan langsung oleh Rentin didampingi BPBD Kota Denpasar, Dinas KLH Provinsi Bali dan BNPB.

“Sembari melaksanakan pantauan udara, kami memercikkan tirta dengan harapan diiringi doa tulus, penanganan kebakaran segera tuntas dan seluruh personil dalam keadaan sehat dan selamat,” imbuh Rentin.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Juarai MotoGP 2023, Sempat Tulis 'Pinjam Dulu Seratus' di Akun Instagram agar Balapan Mulus

Sebelumnya, upaya penanganan digodo dalam pelaksanaan Rapat Evaluasi Harian yang dihadiri Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Kapolresta Denpasar, Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, Kepala BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin serta instansi terkait lainya yang digelar di Posko Penanganan Kebakaran TPA Suwung, Minggu 15 Oktober 2023.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x