Pj. Gubernur Bali Minta Satpol PP Tegas Tetapi Humanis, Menjadi 'Cooling System'

- 18 Oktober 2023, 07:24 WIB
Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya pada kegiatan 'Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Prabawa Bali Trepti' di Gedung Wiswa Sabha Utama, Selasa 17 Oktober 2023.
Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya pada kegiatan 'Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Prabawa Bali Trepti' di Gedung Wiswa Sabha Utama, Selasa 17 Oktober 2023. /Dok. Pemprov Bali

INDOBALINEWS - Penjabat (Pj) Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya menyambut baik kerjasama perlindungan wilayah yang diprakarsai oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) se-Bali. Penandatanganan kerjasama ini dirasakan sangat penting untuk menjaga keamanan Bali dari segala bentuk gangguan tindak kekerasan, kejahatan dan kriminalitas dalam masyarakat yang heterogen, sehingga dapat menjalankan tugas secara optimal, karena Satpol PP merupakan aparat penegak hukum dan aturan yang menempel dengan pemerintah dan cepat bergerak di lapangan. Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan pada kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Prabawa Bali Trepti di Gedung Wiswa Sabha Utama, Selasa 17 Oktober 2023.

Pada kesempatan ini, Mahendra Jaya juga menyampaikan kesiapan anggota dalam menghadapi dan memilah secara bijak terkait isu yang ada di lingkungan tataran tingkat nasional dan internasional itu sangat penting.

"Jangan hanya tegas melakukan penindakan, namun anggota Satuan Polisi Pamong Praja juga wajib memahami teori penyebab kejahatan itu bisa terjadi, sehingga dapat dilakukan penanggulangan secara dini,” ungkap purnawirawan perwira tinggi POLRI ini.

Baca Juga: Dukung Denpasar Wujudkan 'Kota Pintar Berbasis Budaya'Pemkot Denpasar Gelar FGD Smart City

Diingatkannya lagi, bahwa saat ini sudah memasuki tahun politik, sehingga kewaspadaan terhadap segala bentuk gangguan menjadi harga mati demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, disamping agar masyarakat dan setiap warga negara tidak terpecah belah, karena keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi bagi suatu negara.

Lebih lanjut, Mahendra Jaya meminta anggota Satpol PP menjadi "cooling system" dalam pemecahan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Tetap tegas namun humanis dan tidak memberikan celah pembiaran terhadap pelanggaran yang terjadi. Hal ini sangat penting agar setiap warga negara terlebih wisatawan dapat meningkatkan kedisiplinan dan rasa memiliki Bali sebagai tempat tinggalnya.

Baca Juga: Inovasi Penanganan HIV di Desa, Pertajam Sasaran Hapuskan Stigma dan Diskriminasi terhadap ODHIV

"Jangan sampai wisatawan yang datang ke Bali seenaknya bertingkah laku lantaran diberi contoh (pembiaran terhadap pelanggaran hukum) oleh orang kita sendiri. Mari kita mulai dari diri kita sendiri, sehingga kita sebagai warga lokal mampu berdiri sebagai panutan dan contoh yang patut ditiru oleh wisatawan yang datang,” tegas Mahendra Jaya.

Kepala Satpol PP Provinsi Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi mengatakan bahwa penandatanganan kerjasama ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi Satpol PP dan Satlinmas dalam mendukung suksesnya Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024 mendatang.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x