Tim SAR Evakuasi Kru KM Naga Mas Perkasa 58 yang Kandas di Nusa Penida

- 3 April 2024, 12:30 WIB
Tim SAR saat mengevakuasi kru KM Naga Mas Perkasa 58 yang kandas di Nusa Penida Rabu 3 April 2024.
Tim SAR saat mengevakuasi kru KM Naga Mas Perkasa 58 yang kandas di Nusa Penida Rabu 3 April 2024. /Dok Humas Basarnas Bali

INDOBALINEWS - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi kru KM Naga Mas Perkasa 58 yang kandas di perairan Jungut Batu Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Rabu 3 April 2024.

Kondisi kapal dengan kru berjumlah 5 orang itu saat tim SAR tiba di lokasi sudah mulai miring dan air masuk dari bagian belakang kapal.

"Kami berkoordinasi dengan crew kapal bahwa pihak mereka ingin dievakuasi karena kondisi kapal telah mengalami kerusakan pada bagian ruang mesin," jelas Cakra Negara, Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida.

Baca Juga: Operasi Ketupat Agung 2024 Dimulai, Polda Bali Kerahkan 5.784 Pos Jaga yang Tersebar di Jalur Rawan

Pada pukul 09.10 Wita, tim SAR gabungan telah tiba di lokasi dan langsung berkomunikasi dengan kapten kapal untuk proses evakuasi. Karena posisi dangkal maka RIB 05 tidak bisa merapat, dan mereka harus berenang dengan menggunakan pelampung.

Sekitar 50 menit berselang seluruhnya telah terevakuasi. "Kita mengevakuasi 5 ABK dengan selamat ke atas RIB," ungkapnya. Menurut keterangan dari kapten kapal saat dimintai keterangan, bahwa kapal kandas karena terbawa arus ke arah daratan, sementara mesin kapal tidak cukup kuat untuk melawan arus.

Baca Juga: Ketua MK: 4 Menteri yang Dipanggil Wajib Hadir Tak Boleh Diwakilkan

Kelima kru KM Naga Mas Perkasa 58 dibawa ke Dermaga Apung Jungut Batu, Nusa Lembongan, Kabupaten klungkung sSelanjutnya diserahkan kepada pihak kepolisian untuk pendataan lebih lanjut.

Diketahui identitas korban kapal kandas atas nama Fedy Lahiwu (42), Noldy Siby Walanda (44), Riffo Junaidy Pokoliwutang (48), Jefri Sidangoli (45), Novi Walanda (47).

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x