Peringatan Hari Mangrove Sedunia Lanal Denpasar Tanam Ribuan Bibit Mangrove

- 27 Juli 2022, 20:08 WIB
Penanaman Mangrove oleh Lanal Denpasar dan instansi serta stake holder lainnya dalam peringatan Hari Mangrove Sedunia Selasa 26 Juli 2022.
Penanaman Mangrove oleh Lanal Denpasar dan instansi serta stake holder lainnya dalam peringatan Hari Mangrove Sedunia Selasa 26 Juli 2022. /Dok Jokpit

INDOBALINEWS - Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia dan jelang pelaksanaan G20 Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar menanam ribuan bibit mangrove.

Acara yang dilaksanakan Selasa 26 Juli 2022 bekerjasama dengan di sejumlah instansi termasuk TNI-Polri, Pemda, dan stakeholder terkait.

Dalam kesempatan itu ditaanam 5 ribu bibit  mangrove di area Air Bali Heli, Tahura Utara Dumping II Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Kegiatan ini dilaksanakan terkait penanaman mangrove serentak di 77 lokasi di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga: 'Tak Ada Islamofobia dan Kebencian Terhadap Islam di Indonesia'

"Secara umum, saat ini kondisi mangrove di Bali sangat bagus, selain beberapa kali dilakukan penanaman mangrove di sejumlah lokasi pesisir di wilayah perairan Bali, kami juga mengedukasi masyarakat untuk gemar budidaya mangrove melalui pelatihan penanaman mangrove," ujar Komandan Lanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, SE.

Usai melakukan penanaman mangrove, didampingi CEO Air Bali Heli Francois Lassale dan sejumlah tamu undangan, Danlanal Denpasar menjelaskan, hal ini untuk menghadapi perubahan iklim akibat pemanasan global, abrasi, dan penyerapan karbon di daerah pesisir atau blue carbon.

Baca Juga: Syukur dan Etos Kerja Tinggi, Kunci Sukses Tugas di Lapangan

Bersama Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, pihak Lanal Denpasar terus melakukan pembinaan mulai dari pelatihan, penanaman bibit, pemeliharaan hingga pemanfaatannya melibatkan kelompok mayarakat pesisir dan nelayan, serta mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x