Menkeu Sri Mulyani: Nilai Ekonomi Digital Indonesia Terbesar di Asia Tenggara

- 11 Desember 2021, 14:43 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam forum Jalur Keuangan Presidensi G20 di Bali
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam forum Jalur Keuangan Presidensi G20 di Bali /kemenkeu.go.id

INDOBALINEWS - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, nilai ekonomi digital Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Itu tercermin dari total nilai penjualan gross merchandise value (GMV) 70 miliar dolar AS.

"Di Indonesia, kita memahami bahwa kita memiliki potensi yang luar biasa," ujar Menkeu Sri Mulyani dalam 3rd Indonesia Fintech Summit 2021 yang dipantau secara online di Jakarta, Sabtu 12 Desember 2021.

Selain itu, penelitian Google, Temasek, dan Bain & Company, menunjukkan, pembayaran digital akan terus tumbuh kuat di Indonesia, dengan nilai transaksi bruto pada tahun 2025 yang akan mencapai 1,2 triliun dolar AS.

Baca Juga: Anggota DPD Bustami Zainudin dan Fachrul Razi Daftarkan Gugatan “Presidential Threshold” ke MK

Di Indonesia, pembayaran digital mendominasi industri financial technology (fintech), selain peer to peer (P2P) lending yang dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat, baik dari sisi jumlah akun peminjam, pemberi pinjaman, serta total nominal pinjaman.

Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan, nominal transaksi uang elektronik di Indonesia turut meningkat lebih dari 100 kali lipat dari hanya Rp2 triliun pada 2012 menjadi Rp205 triliun pada tahun 2020.

"Ini menggambarkan bahwa dalam kurun waktu kurang dari satu decade, ada kenaikan 100 kali. Jadi kami tidak bicara tentang pertumbuhan linier satu digit, ini adalah eksponensial," tambahnya.

Ia menilai adopsi layanan keuangan digital dan perubahan perilaku masyarakat Indonesia terus menuju kepada ekonomi digital dan diakselerasi dengan adanya pandemi, sehingga sektor keuangan digital termasuk fintech jelas dalam posisi yang sangat kuat untuk bisa berperan semakin penting.

Baca Juga: Pemerintah Batalkan Larangan Penjualan Minyak Goreng Curah

Halaman:

Editor: Riyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x