Ini 3 Fokus Area Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Balinusra

- 19 Mei 2023, 06:50 WIB
Peluncuran secara resmi GNPIP Balinusra pada Rabu 17 Mei 2023 di Tabanan Bali
Peluncuran secara resmi GNPIP Balinusra pada Rabu 17 Mei 2023 di Tabanan Bali /Dok Humas BI Bali

 

INDOBALINEWS - Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Bali dan Nusa Tenggara (Balinusra) difokuskan pada 3 (tiga) area yaitu: 

(1) Penguatan Kelembagaan melalui komitmen Perumda pangan se-Bali untuk membentuk Paiketan (Perkumpulan) Perumda Pangan Bali.

(2) Digitalisasi untuk Penguatan Data/Informasi Pangan antara lain melalui Penguatan aplikasi SIGAPURA (Sistem Informasi Harga Pangan Utama dan Komoditas Strategis) dan aplikasi PAN Bali (Pengendalian Angkutan Barang/Logistik Terintegrasi) Bali yang bertujuan mengotomasi manifest arus keluar masuk barang dari/ke Bali.

(3) Sinergi Penguatan Klaster Pangan antara lain dengan Penerapan Budidaya Organik melalui Program Dedikasi Untuk Negeri dan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perbankan.

Baca Juga: Atlet Bali Sumbang Emas Sea Games XXXII Kamboja

Hal ini mengemuka saat acara peluncuran secara resmi GNPIP Balinusra pada Rabu 17 Mei 2023 di Tabanan Bali yang mengambil tema Mepada Payu Antuk Bhuwana Bali Sentosa (Bersinergi Mewujudkan Bali yang Makmur).

Dikatakan oleh Kepala Perwakilan BI Bali Trisno Nugroho dalam pernyataan resminya yang dilansir Jumat 19 Mei 2023, melalui tema tersebut, GNPIP Balinusra mengedepankan sinergi dan inovasi ketahanan pangan TPID Balinusra guna mewujudkan kestabilan harga pangan, khususnya di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Baca Juga: Event MXGP NTB, Menpora Prediksi Laba Rp 144 Miliar

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x